Mengenal Durian 'Koplok' Khas Desa Lembahsari Tegal, Punya Cita Rasa Manis, Keset dan Bertekstur Lembut

- 6 Januari 2024, 12:18 WIB
Mengenal durian Koplok asal khas Desa Lembahsari, Jatinegara, Kabupaten Tegal yang mempunyai cita rasa manis, keset dan bertekstur lembut.
Mengenal durian Koplok asal khas Desa Lembahsari, Jatinegara, Kabupaten Tegal yang mempunyai cita rasa manis, keset dan bertekstur lembut. /Kabar Tegal/Dwi Prasetyo Asriyanto/

KABAR TEGAL - Satu di antara jenis durian lokal Desa Lembahsari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal dikenal dengan sebutan durian Koplok.

Durian Koplok ini dinamakan oleh seorang pedagang durian lokal Desa Lembahsari bernama Sobirin.

Sobirin adalah warga RT 03 RW 02 Desa Lembahsari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal yang sudah lebih dari 10 tahun menggeluti usaha durian.

Baca Juga: Polresta Magelang Evakuasi dan Selidiki Penemuan Mayat Perempuan di Krasak Salaman

Menurutnya, durian lokal Koplok memiliki cita rasa yang khas sangat berbeda dengan durian lokal daerah lain. Durian Koplok memiliki cita rasa yang manis, keset dan bertekstur lembut.

"Durian di sini aja sekitar 20 jenis. Tapi yang terkenal dan sering dicari pelanggannya adalah durian Markonah dan durian Koplok, manisnya nggak ada lawan," kata Sobirin kepada Kabar Tegal saat melakukan panen durian di lokasi yang tak jauh dari kediamannya, Jumat, 5 Januari 2024.

Ia mengatakan, durian lokal tidak kalah saing dengan durian montong atau bawor. Selain buahnya yang tebal, warna daging durian koplak adalah kuning langsat.

"Setiap harinya saya menjual 300-an durian kepada pembeli dan pelanggannya. Untuk jenis markonah saya jual dengan harga Rp 70.000/buah tapi kalau bobotnya hingga sampai 4 kilogram saya jual Rp 100.000," terangnya.

Baca Juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, Bupati Tegal Berpamitan dengan Wartawan, LSM dan Pimpinan Ormas

Selain menjual durian, Sobirin juga menyediakan rambutan dan petai khas Desa Lembahsari.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah