Sering Konsumsi Makanan Berikut Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru

- 21 Juli 2021, 19:28 WIB
 Sering Konsumsi Makanan Berikut Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru
Sering Konsumsi Makanan Berikut Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru /Pixabay/kalhh

KABAR TEGAL - Dilansir dari kata.universe fungsi utama paru-paru adalah untuk mengalirkan oksigen masuk ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi beberapa bahan alami berikut ini;

1. Jahe

Jahe punya zat anti radang yang bisa menyingkirkan racun dari dalam saluran pernapasan termasuk paru-paru. Jahe juga dapat membantu mengencerkan dahak jadi lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Obat Gratis Khusus Pasien Covid-19 yang Isoman

2. Bawang putih

Zat allicin dalam bawang putih memiliki efek antibakteri sehingga bisa bantu mengatasi infeksi pada paru-paru. Bawang putih juga terbukti memperbaiki gejala penyakit asma dan menurunkan resiko terjadinya kanker paru-paru.

3. Oregano

Kandungan karvakrol dan rosmarinic acid dalam oregano berfungsi sebagai dekongestan dan antihistamin untuk meredakan proses peradangan pada saluran pernapasan termasuk organ paru-paru.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Jika Sudah Menikah, Salah Satunya Bisa Lebih Awet Muda Dibandingkan yang Masih Jomblo

4. Teh hijau

Antioksidan pada teh hijau dipercaya dapat membantu mencegah kanker paru-paru salah, satu kandungan di dalam teh hijau juga dipercaya membantu mengencerkan dahak di dalam paru-paru dan bersifat sebagai antibakteri.

5. Apel

Kandungan flavonoid, vitamin (terutama vitamin C) dan antioksidan di dalam buah apel membantu melindungi organ paru-paru dari berbagai penyakit. Udah laper kayaknya bahkan ada penelitian yang mengatakan jika terdapat komponen apel yang bisa memperbaiki kerusakan jaringan paru-paru akibat merokok.

Baca Juga: Pemerintah Tambah Anggaran Bansos Hingga Rp55,21 Triliun, Jokowi: Salurkan Kepada Masyarakat yang Berhak!

6. Kunyit

Konsumsi kunyit bisa membantu membersihkan organ paru-paru dari berbagai kontaminan di lingkungan luar tubuh. Karena zat aktif kurkumin dalam kunyit bisa melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X