8 Tips dan Cara Mendeteksi Hoax, Yuk Cek Dulu Sebelum Sebar Informasi!

- 29 Juni 2022, 10:05 WIB
Ilustrasi hoax - 8 Tips dan Cara Mendeteksi Hoax, Yuk Cek Dulu Sebelum Sebar Informasi!
Ilustrasi hoax - 8 Tips dan Cara Mendeteksi Hoax, Yuk Cek Dulu Sebelum Sebar Informasi! /Pexels/ Markus Winkler

KABAR TEGAL - Di era digital seperti sekarang, banyak orang mengakses informasi melalui sosial media dan platform chatting yang populer.

Banyak sisi positif, namun ada juga sisi negatif yang perlu diwaspadai, diantara pengguna Internet kerap dibanjiri hoax.

Hoax, atau berita palsu yang sengaja dibuat dan disebarkan, menyebabkan banyak dampak negatif, misalnya bisa menimbulkan ketakutan, atau menipu publik demi kepentingan tertentu.

Baca Juga: Heboh, Beli Pertalite Wajib Miliki Akun MyPertamina, Netizen: Kasian Bapak-bapak yang Gaptek!

Jika sebelumnya hoax banyak beredar melalui SMS dan email, kini dengan pesatnya penggunaan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Messenger, Instagram, TikTok, dan lainnya berita hoax mudah diviralkan.

Berikut tips dan cara mendeteksi Hoax, ada 8 tips dan cara, yakni:

  1. Cek Keanehan yang Ada Melakukan pengecekan tampilan berita untuk mengetahui keanehan atau kejanggalan yang terdapat dalam berita. Berita hoax biasanya menggunakan bahasa yang provokatif memanfaatkan isu-isu yang sedang tren, isu sara, tokoh-tokoh terkenal, instansi pemerintah maupun swasta.

  2. Cek Kesesuaian Judul dan isi Berita Melakukan pengecekan kesesuaian judul dan isi yang ditampilkan dalam berita. Hal ini perlu dilakukan karena pembuat berita hoax terkadang menampilkan judul berita yang provokatif dan fenomenal, namun ketika keseluruhan isi berita dibaca tidak mencerminkan judul yang ditampilkan.

  3. Perhatikan Sumber Berita Jika sumber berita berasal dari media online yang telah terverifikasi oleh dewan pers, kemungkinan besar informasi yang disampaikan oleh media online tersebut merupakan informasi yang benar. Sebaliknya, jika sumber berita berasal dari media online yang belum terverifikasi dewan pers, ada kemungkinan berita yang ditampilkan berisi informasi hoax.

  4. Ketersediaan Data Pendukung Apabila berita yang ditampilkan memiliki data dukung yang berasal dari media online yang terverifikasi dewan pers atau terdapat data dukung dari media sosial yang terpercaya, maka berita dapat dikategorikan berita yang valid.

    Baca Juga: CEK FAKTA, LOWONGAN KERJA BUMN Tahun 2022, Apakah Informasi Tersebut Benar dan Masih Tersedia?

  5. Cek Tanggal Berita Berita hoax tidak menyertakan tanggal kejadian atau tidak memiliki tanggal yang bisa diverifikasi oleh pembaca.

  6. Cek Kredibilitas Penulis Melaksanakan pengecekan kredibilitas penulis dengan melakukan pengecekan biografi dan riwayat penulisan.

  7. Cek Keberpihakan Melaksanakan pengecekan terhadap keberpihakan penulis / media terhadap kelompok/golongan tertentu.

  8. Verifikasi ke Pihak Terkait Melakukan verifikasi isi berita kepada pihak terkait sehingga diperoleh kebenaran informasi berita yang ditampilkan. Verifikasi ini dapat dilakukan secara langsung ke pihak terkait atau melalui media sosial yang digunakan untuk menyampaikan informasi resmi kepada masyarakat.

Demikian tips dan cara mendeteksi hoax, yuk bijak dalam menggunakan media sosial, gunakan sesuai dengan aturan, untuk mencapai kemaslahatan.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x