Kemenkominfo Takedown 20 Video YouTube Muhammad Kece

- 25 Agustus 2021, 07:00 WIB
Kemenkominfo Takedown 20 Video YouTube Muhammad Kece.
Kemenkominfo Takedown 20 Video YouTube Muhammad Kece. /Tangkapan layar Youtube/Muhammad Kece

KABAR TEGAL - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan akses atau takedown 20 video dari akun YouTube Muhammad Kece.

Selain itu, pemerintah juga memutus akses serta 1 video dari platform TikTok yang diduga bermuatan penodaan agama.

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengatakan upaya penurunan ini adalah langkah tegas terhadap penyebaran konten yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Baca Juga: Viral, Video Bupati Banjarnegara Izinkan Acara Keramaian

"Hingga pernyataan ini disampaikan, Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap 20 video dari akun Youtube M Kece, serta 1 video dari platform TikTok," ungkap Dedy, dikutip dari Pmjnews pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Dedy mengatakan, Kominfo juga melakukan koordinasi dengan para pengelola platform, serta kementerian/lembaga terkait untuk mencegah penyebaran dan penyalahgunaaan konten tersebut.

Menurut Dedy, sebagaimana Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang diubah dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2016, tindakan M Kece dapat dikategorikan sebagai pembuatan konten yang melanggar pasal 28 ayat 2 jo. pasal 45A.

Baca Juga: Sempat Viral Pedagang Angkringan Gugat Jokowi, Berikut Isi Gugatannya

Pasal itu berisi, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Dedy menilai upaya Kemenkominfo dalam penanganan konten terhadap akun Youtube M Kece sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x