Sebar Hoaks Covid-19 dan Ujaran Kebencian, Seorang Siswi SMP Diamankan Polisi

- 1 Februari 2021, 13:59 WIB
Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Krisna B.
Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Krisna B. /Antara/Kornelis Kaha/

KABAR TEGAL - Subdirektorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur mengamankan Sarah, seorang pelajar SMP yang menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian yang ditujukan kepada dokter, perawat dan juga pemerintah berkaitan dengan Covid-19.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT Kombes Pol Krisna B kepada wartawan di Kupang, Senin, mengatakan bahwa Sarah diamankan di rumah orang tuanya usai dua video ujaran kebencian yang dibuatnya itu menyebar di media sosial dan pesan WhatsApp grup.

"Yang bersangkutan sudah diamankan dan sudah diperiksa terkait dengan motif apa yang membuat dirinya membuat video tersebut," katanya.

Baca Juga: Viral! Guru Non Muslim Mengajar di Madrasah, Begini Tanggapan Kemenag

Dari hasil pemeriksaan sementara Sarah mengakui bahwa dua video tersebut adalah hasil rekaman dirinya yang dilakukan di ruang activity of daily living (ADL) di UPTD Kesejateraan Sosial Tuna Netra dan Karya Wanita Sosial Provinsi NTT.

Pelaku yang kini berada di bangku sekolah SMP kelas 9 itu mengaku bahwa video itu tak pernah diberikan kepada siapapun, atau tidak pernah menyebarkannya di media sosial atau ke whatsApp grup.

"Yang bersangkutan mengaku tak pernah menyebarkannya. Ia kaget ketika tahu videonya itu menyebar viral di media sosial," ujar Krisna.

Baca Juga: Wakil Walikota Depok Terpapar Covid-19 Padahal Sudah Divaksin? Ini Penjelasan Satgas

Dari hasil pemeriksaan tersebut Sarah mengaku bahwa alasan dirinya membuat video tersebut karena pada Minggu, 31 Januari 2021 pagi sekitar pukul 05.30 WITA, pelaku melihat WhatsApp story temannya yang inti dari video tersebut terlihat seorang pasien yang meninggal dunia diduga akibat terpapar Covid-19.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x