Tips Mudah untuk Netralkan Kulit dari Kosmetik Abal-abal

- 10 Maret 2021, 10:40 WIB
Jangan sembarang mengunakan kosmetik pemutih.
Jangan sembarang mengunakan kosmetik pemutih. /Pixabay

KABAR TEGAL- Banyak orang ingin memiliki kulit yang sehat namun caranya kadang salah. Jalan pintas dengan hasil instan pun dipilih.

Ditambah lagi jika harganya terlalu murah, tidak berizin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan tidak berlabel halal. Kulitpun menjadi rusak.

"Krim abal-abal itu dalam asumsi saya mengandung logam berat, merkuri. Mudah-mudahan belum muncul efek serius. Jika kita tahu mengandung merkuri, harus segera dihentikan," kata dr. Fatimah Zahra, M.Biomed AAM dalam siaran resmi Sheima, ditulis Rabu.

Baca Juga: Inovasi Baru! Sheima, Kosmetik Lokal Dengan Kandungan Antibakteri

Dokter Fatimah menambahkan, semakin lama dipakai produk mengandung merkuri akan semakin menumpuk di jaringan kulit dan perlu waktu lama hingga tahunan untuk menghilangkannya.

Meski demikian, ada solusi yang diberikannya. Yang pertama adalah mengonsumsi antioksidan yang tinggi.

"Supaya logam berat tidak berefek lama karena mengendap di ginjal, juga harus disertai minum air putih yang banyak. Jangan lupa diet sehat, konsumsi makanan dengan banyak serat, dan menjalani gaya hidup yang sehat," katanya.

Dia juga menyarankan untuk memilih produk kecantikan yang sudah berizin BPOM, berlabel halal, dan konsultasi ke dokter kulit atau dokter kecantikan.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 10 Maret 2021, Siapakah yang Akan Ungkap Kebenaran Pada Andin Bahwa Reyna Adalah Anaknya?

Dalam memilih kosmetik, dia menyarankan untuk mencari produk yang menyehatkan kulit, bukan sekadar menawarkan kulit putih dan bersinar.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah