Perbaikan Jalan Protokol di Kabupaten Tegal Ditargetkan Rampung Sebelum Lebaran 2024

- 27 Maret 2024, 07:15 WIB
DPUPR Kabupaten Tegal memastikan perbaikan jalan pada sejumlah ruas jalan protokol akan selesai sebelum mudik Lebaran 2024.
DPUPR Kabupaten Tegal memastikan perbaikan jalan pada sejumlah ruas jalan protokol akan selesai sebelum mudik Lebaran 2024. /Dok. Humas Pemkab Tegal/

KABAR TEGAL - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal memastikan kegiatan pemeliharaan jalan pada sejumlah ruas jalan protokol akan selesai sebelum mudik Lebaran 2024 tiba.

Pernyataan tersebut diungkap Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 26 Maret 2024.

Menurutnya, kondisi hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tegal beberapa waktu terakhir telah mengakibatkan sejumlah jalan berlubang dengan diameter dan kedalaman beragam.

Baca Juga: BI Tegal Gandeng Walisongo Halal Center Gelar Pelatihan Sistem Jaminan Produk Halal dan Fasilitasi Halal UMKM

Akibat kerusakan di sejumlah ruas jalan ini, pengendara hanya bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan rendah untuk menekan risiko terperosok lubang atau terpeleset aspal yang mengelupas.

Diakui, kondisi curah hujan yang tinggi juga telah memengaruhi kondisi jalan yang semula mantap bergeser menjadi rusak sedang. Contohnya jalan ruas Tuwel-Bojong yang sempat diperbaiki kini rusak lagi karena terkikis limpasan air hujan dengan intensitas tinggi.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan pihaknya terus mengebut perbaikan jalan protokol agar selesai tepat waktu sampai dengan H-7 Lebaran atau sebelum dimulainya momen mudik Lebaran. Harapannya bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan yang melintas, terutama warga pemudik.

Baca Juga: Bentuk Satgas RAFI 2024, Pertamina Siagakan Pasokan BBM, LPG, dan Avtur di Tegal Raya

“Perbaikan jalan ini dilakukan dengan pengaspalan dan penambalan. Kami menargetkan perbaikan jalan bisa selesai paling cepat akhir Maret ini atau maksimal H-7 Lebaran,” ucap Teguh.

Meski demikian, pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan rutin jalan pada ruas jalan dengan intensitas lalu-lintas tinggi tersebut tetap memperhatikan kondisi curah hujan yang ada. Ada prosedur mitigasi risiko yang diterapkan seperti memilih bahan konstruksi yang lebih tahan terhadap air dan membuat perencanaan yang matang untuk mencegah genangan air.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah