PHRI Kabupaten Tegal Gelar Pelatihan Penanganan Kecelakaan Wisata di Guci Ashafana

- 1 Februari 2024, 22:10 WIB
PHRI Kabupaten Tegal menggelar pelatihan penanganan kecelakaan wisata di Guci Ashafana, Rabu, 31 Januari 2024.
PHRI Kabupaten Tegal menggelar pelatihan penanganan kecelakaan wisata di Guci Ashafana, Rabu, 31 Januari 2024. /Kabar Tegal/Dwi Prasetyo Asriyanto/

KABAR TEGAL - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Tegal menggelar pelatihan penanganan kecelakaan wisata di Guci Ashafana, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu, 31 Januari 2024.

Pelatihan tersebut digelar sebagai inisiatif PHRI Kabupaten Tegal untuk menjamin keamanan publik dan pelaku wisata di kawasan setempat.

“Kami sengaja menggelar pelatihan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Termasuk mengantisipasi kecelakaan saat berwisata seperti tenggelam maupun terjatuh serta ancaman musibah lain,” ujar Ketua PHRI Kabuptaen Tegal, Elizabeth Ratih Dewi kepada Kabar Tegal pada Kamis, 1 Februari 2024.

Baca Juga: Terpilih Sebagai Ketua PHRI Kabupaten Tegal, Elisabeth Berharap Pemkab Berikan Kemudahan Bagi Pelaku Usaha

Menurut Elizabeth, musim hujan serta tingginya animo masyarakat memanfaatkan waktu luang untuk berwisata menjadi alasan bagi PHRI untuk mengumpulkan pebisnis wisata di Kabupaten Tegal, khususnya di lokasi wisata Guci, untuk dibekali kemampuan menghadapi dan mengantisipasi kecelakaan.

PHRI Kabupaten Tegal sengaja melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk melatih sumber daya penggelola wisata.

“Sejumlah teori maupun tekhnis penyelamatan telah di praktikkan dan mendapat antusias peserta,” terangnya. 

Baca Juga: Raker di Guci, PDPM Kabupaten Tegal Dorong Penguatan Dakwah Digital Hingga Pelatihan Konten Kreator

Ia menjelaskan, pelatihan tersebut melibatkan 60 peserta perwakilan hotel di Pantura Tegal dan kawasan Guci sendiri, sedangkan pelatihan itu sebagai sikap serius lembaganya menjaga keselamatan dan kenyamanan pengunjung .

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah