Pertama di Nusantara, BUMDesma Pengemasan Minyak Goreng Ada di Kota Bawang

- 23 April 2024, 20:11 WIB
Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Lodaya Cipta Berlian menjalankan usaha pengemasan minyak goreng
Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Lodaya Cipta Berlian menjalankan usaha pengemasan minyak goreng /Sri Yatni/

KABAR TEGAL - Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) biasanya bergerak di bidang usaha simpan pinjam bagi anggotanya. Kini telah berinovasi menjadi usaha pengemasan minyak goreng, ada di Kabupaten Brebes yakni BUMDesma Lodaya Cipta Berlian LKD di Jalan Ciledug-Ketanggungan Desa Dukuhsalam Kecamatan Losari.

"Ini pertama ada BUMDes menjalani usaha pengemasan minyak goreng, di Brebes banyak usaha kuliner tentu ini akan bisa mengatasi saat kelangkaan minyak," ucap Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum saat Peresmian BUMDesma, Senin, 22 April 2024.

Kata Iwan, Pemkab Brebes sangat mendukung inovasi tersebut. Jika BUMDes lainnya bisa meniru pola ini Brebes dapat maju, kedepan lebih banyak BUMDes bersinergi baik sesama maupun dengan semua pihak.

Baca Juga: Pasca Lebaran, Polres Tegal Kota Tingkatkan Kegiatan Patroli

"Pemackingan minyaknya sudah bagus, sudah MoU dengan perusahaan, Cendana nama brandnya, dan ini dapat mendukung program pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan," tuturnya.

Lanjut Iwan, hari ini minyak, barangkali kelak bisa ada usaha pupuk, di daerah yang ada pesawahannya bisa bibit-bibit dan inovasi-inovasi lain yang menjadikan Brebes mandiri dan rakyatnya sejahtera.

Analis Kebijakan Madya Kementerian Desa RI Suhandani menyampaikan, Kemendesa memfasilitasi BUMDes yang memiliki kemampuan untuk melakukan kerja sama, dicarikan peluang dengan perusahaan yang sudah berpengalaman. Seperti di Brebes ini, ada BUMDes yang bergerak di usaha pengemasan minyak goreng.

Baca Juga: Komplotan Pencuri Spesialis Minimarket Dibekuk Satreskrim Polres Pemalang, Beraksi di Wilayah Jateng dan Jabar

"Masyarakat kan ini ndak mau dibilangin kalau belum ada bukti, maka didahului di Brebes pengemasan minyak, supaya yang lain bisa lihat, seperti Tegal dan sekitarnya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dessi Purbasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah