Warga Tulungagung Temukan Sumur Kuno Diduga Peninggalan Era Majapahit

- 29 Mei 2021, 06:25 WIB
Warga menunjukkan sumur kuno yang diduga peninggalan era Kerajaan Majapahit di areal persawahan Desa Wajak Lor, Tulungagung, Jumat, 28 Mei 2021.
Warga menunjukkan sumur kuno yang diduga peninggalan era Kerajaan Majapahit di areal persawahan Desa Wajak Lor, Tulungagung, Jumat, 28 Mei 2021. /Antara/

KABAR TEGAL - Sebuah sumur kuno peninggalan era majapahit tak sengaja ditemukan oleh warga Desa Wajak Lor, Tulungagung, Jawa Timur di tengah areal persawahan.

"Kami baru mendapat laporannya Kamis, 27 Mei 2021. Kondisinya masih utuh dengan lingkungan sekitar terdapat tanaman mojo," kata Kasi Pelestarian Cagar Budaya Museum dan Purbakala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung, Winarto, Jumat, 28 Mei 2021, dikutip dari Antara.

Hasil pemeriksaan awal, sumur kuno dengan diameter sekitar 60 centimeter itu memiliki kedalaman 180 centimeter. Sumur dengan ukuran lingkar tergolong kecil itu dibuat dengan enam jobong yang diyakini berusia ratusan tahun.

Baca Juga: Modus Gandakan Uang 20 Juta Jadi 1 Miliar, 3 Pelaku Penipuan Diamankan Polisi

Dugaan sumur kuno didasarkan pada bahan yang digunakan untuk pembuatan sumur yang terbuat dari gerabah atau disebut “jobong”.

Jobong-jobong inilah yang membentuk sumur, berfungsi sebagai penyangga dinding agar tidak ambrol/runtuh.

Saat ini, jobong-jobong tersebut masih kelihatan utuh dengan ketebalan sekitar satu centimeter, tinggi sekitar 60-70 centimeter dan diameter 60 cm.

Baca Juga: Tengah Mancing, Warga Dikejutkan dengan Jatuhnya Helikopter Latih di Danau Cibubur

Di sekitar sumur banyak ditemukan pohon mojo yang buahnya berasa pahit dan rimbunan pohon pisang.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x