Kemenhub Nilai Pergerakan Transportasi Turun Drastis di Masa Larangan Mudik

- 7 Mei 2021, 19:44 WIB
Kemenhub Nilai Pergerakan Transportasi Turun Signifikan di Masa Larangan Mudik
Kemenhub Nilai Pergerakan Transportasi Turun Signifikan di Masa Larangan Mudik /PRFM/Muhamad Fauzi/

KABAR TEGAL- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut jumlah pergerakan transportasi dan penumpang di hari pertama masa larangan pengoperasian transportasi untuk mudik cukup terkendali.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dalam rilis di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.

“Berdasarkan hasil pemantauan pengendalian transportasi di hari pertama kemarin, jumlah pergerakan transportasi dan penumpang baik di transportasi darat, laut, dan udara, dan kereta api, menurun cukup signifikan dibanding sebelum masa larangan,” katanya.

Baca Juga: Hari Pertama Larangan Mudik Berlaku, Polri Memutarbalikkan 23.573 Kendaraan

Adita menjelaskan di transportasi darat, penumpang angkutan darat (bus) mencapai total 10.644 orang atau turun sekitar 75 persen dibandingkan hari biasa.

Sedangkan volume lalu lintas harian (motor, mobil penumpang, dan mobil besar) yang menggunakan jalan nasional non-tol ke arah keluar Jabodetabek mencapai lebih dari 68 ribu kendaraan atau turun sekitar 48 persen dibandingkan hari biasa.

Selanjutnya di transportasi udara, dari 12 bandara pemantau, tercatat sebanyak 270 penerbangan keberangkatan atau turun 82,7 persen dari hari biasa.

Baca Juga: Simak! Berikut Kriteria Kendaraan yang Boleh Melintas Pos Penyekatan Mudik

Sedangkan, jumlah penumpang yang melakukan perjalanan keberangkatan mencapai sekitar 3.856 orang atau turun sekitar 96,2 persen dibandingkan hari biasa.

Di transportasi kereta api, pergerakan penumpang mencapai 17.220 orang penumpang, turun 71 persen dari jumlah penumpang sehari sebelumnya.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x