Hebat! Prajurit TNI Ini Jadi Dalang Demi Lestarikan Budaya Jawa

- 10 April 2021, 08:03 WIB
Peltu Supriyanto saat memainkan wayang.
Peltu Supriyanto saat memainkan wayang. /Foto: instagram.com/@infokomando/

KABAR TEGAL - Era globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini, membuat sebagian masyarakat lupa akan nilai-nilai budaya yang dimilikinya.

Kebudayaan yang seharusnya menjadi identitas suatu bangsa, sedikit demi sedikit mulai terkikis oleh perkembangan zaman.

Hal ini tak membuat gentar Peltu Supriyanto dalam melestarikan budaya Jawa (Indonesia). Pria asal Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ini terus melestarikan budaya Jawa sekaligus mewujudkan kemanggulan TNI dengan rakyat melalui pewayangan.

Baca Juga: Berhasil Tumbangkan 24 Finalis, Kevin dan Aini Dinobatkan Jadi Duta Genre Brebes 2021

Meski dirinya berstatus sebagai anggota TNI AD dari Kodam V/Brawijaya. Kecintaannya terhadap budaya Jawa tidak dibatasi.

Supriyanto lantas menceritakan sejak kecil dirinya tidak asing dengan dunia dalang maupun pewayangan. Bahkan kedua orang tuanya merupakan seorang seniman Jawa.

“Ibu saya seorang sinden dan bapak saya niogo atau pemain gendang untuk wayang dan gamelanan. Meski sudah menjadi prajurit, tapi didalam darah saya mengalir darah seni,” ungkap Supriyanto, dikutip KabarTegal dari instagram @infokomando pada Sabtu, 10 April 2021.

Baca Juga: Menpan-RB Tetapkan Pengurangan Jam Kerja PNS Saat Ramadhan

Pria yang berdinas di Rumkitban Malang, Kesdam V/Brawijaya ini mengaku tidak ada larangan untuk dirinya pentas sebagai dalang.

Bahkan dalam setahun dirinya mengaku ada 5-7 pementasan atau undangan untuk dirinya menjadi dalang. Pementasan yang paling jauh yaitu di daerah Semarang dan Madiun.

Pementasan yang paling berkesan, dikatakan Supriyanto, yaitu pada 2009 silam. Dimana dirinya diundang dalam pementasan di Lapangan Makodam V/Brawijaya.

Baca Juga: Ribuan Konten Radikal Diblokir, Wakil Ketua DPR Dorong Kreativitas Literasi Publik

Bahkan disaksikan juga oleh Pangdam V/Brawijaya yang saat itu dijabat oleh Mayjen TNI Soewarno.

Dengan profesinya sebagai prajurit TNI, pria yang mempunyai satu orang putri ini terus mempunyai kewajiban melestarikan budaya Indonesia. Yakni dengan melestarikan budaya Jawa.

Suami dari Dwi Mardiati Agustin ini pun mempunyai puluhan koleksi wayang kulit yang selalu dipakainya saat pementasan.

“Meski berjiwa korsa, tapi jiwa seni saya tetap ada dan tidak akan mati. Yaitu melestarikan budaya nenek moyang melalui wayang,” pungkasnya.***

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x