Viral! Disdukcapil Telusuri Pelaku Pembongkaran E-KTP di Aceh Barat 

- 15 Februari 2021, 23:34 WIB
Tangkapan layar - Seorang pengguna sosial media diduga sengaja mencungkil KTP elektronik milik warga di Kabupaten Aceh Barat, Senin (15/2/2021).
Tangkapan layar - Seorang pengguna sosial media diduga sengaja mencungkil KTP elektronik milik warga di Kabupaten Aceh Barat, Senin (15/2/2021). /ANTARA/Teuku Dedi Iskandar/

KABAR TEGAL - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, melakukan penelusuran terkait konten di sosial media, dimana seorang warga diduga membongkar chip pada KTP elektronik yang menghebohkan publik.

“Masih kita telusuri pelakunya, karena KTP elektronik yang dibongkar chip-nya tersebut beralamat di Aceh Barat,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Barat, Saijal Wahbi, di Meulaboh, Senin 15 Februari 2021.

 

Baca Juga: KABAR DUKA! Prajurit TNI Kembali Gugur di Tembak KKSB Papua

Menurut dia, konten video itu viral di jagat media sosial setelah sebuah akun memvideokan pembongkaran KTP elektronik milik warga Aceh Barat.

sebagaimana dikutip Kabartegal.com dari Antara, di dalam video itu, kata Wahbi, pelaku mengatakan bahwa chip yang terdapat di dalam KTP elektronik itu berisi alat untuk melacak seseorang.

Padahal, kata dia, fungsi chip pada KTP elektronik itu berguna untuk mencegah pemalsuan kartu indentitas penduduk, serta berguna untuk menyimpan data kependudukan.

Baca Juga: Maria Ozawa Heran Foto Dirinya Terpampang di Buku Pelajaran Sekolah Indonesia

“Jadi bukan untuk melacak seseorang, itu keliru dan tidak benar sama sekali,” katanya.

Ia juga menyatakan, mereka belum bisa memastikan siapa pelaku yang telah memvideokan aksi mencungkil chip di KTP elektronik dan masih terus melacak siapa pelakunya.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x