Waspada! Wilayah Jakarta Diprediksi Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem pada 28 Januari-2 Februari

- 28 Januari 2021, 16:03 WIB
Waspada, Wilayah Jakarta akan Diserang Cuaca Ekstrem
Waspada, Wilayah Jakarta akan Diserang Cuaca Ekstrem /Instagram/@tedysuteja

KABAR TEGAL - Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai hari ini Kamis, 28 Januari 2021 sampai Selasa, 2 Februari 2021 mendatang. Informasi tersebut didapatkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menjelaskan, selama masa peringatan itu, diprediksi terjadi curah hujan dengan intensitas yang lebat dapat disertai kilat serta angin kencang atau puting beliung.

"Peringatan dini ini bersumber dari BMKG, agar masyarakat lebih waspada dan mempersiapkan diri," terang Sabdo, dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 28 Januari 2021.

Baca Juga: Lakukan Kunjungan Pertama ke PBNU, Jenderal Listyo Sigit Prabowo Didampingi Sejumlah Pejabat Utama Mabes Polri

Masih dari keterangan Sabdo, BMKG juga sudah mengeluarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir atau banjir bandang dalam 2 hari ini. Yaitu, 28 - 29 Januari 2021. DKI Jakarta masuk dalam potensi dampak dengan status “SIAGA”.

"Kami mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya untuk menjaga diri dari hujan angin," ujarnya menambahkan.

Adapun kondisi cuaca ekstrem seperti ini bisa menimbulkan genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin, dan lain-lain. Pihaknya juga telah mengimbau kepada OPD terkait, para Camat dan Lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan menyiagakan PPSU dan Satgas Banjir atau Dinas SDA Kecamatan.

Baca Juga: Cegah Longsor, Sejuta Bibit Kopi Arabika Gayo Mulai Ditanam di Lereng Gunung Slamet

"Masyarakat dapat menghubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," tandasnya.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x