Kemenag Gandeng Ormas untuk Ajak Warga Tidak Mudik Saat Idul Adha

- 16 Juli 2021, 19:03 WIB
Kemenag Gandeng Ormas untuk Ajak Warga Tidak Mudik Saat Idul Adha
Kemenag Gandeng Ormas untuk Ajak Warga Tidak Mudik Saat Idul Adha /Instagram/ @gusyaqut

KABAR TEGAL - Guna nendukung kebijakan pemerintah dalam upaya menekan resiko penularan Covid-19, Kementerian Agama (Kemenag) akan gandeng Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk ajak marga batasi mobilitas dan tak mudik menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

"Kementerian Agama akan segera berkoordinasi dengan ormas-ormas Islam, NU, Muhammadiyah, MUI, dan ormas Islam lain untuk bersama-sama mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik Idul Adha," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat untuk sabar dan tidak melakukan mudik demi keselamatan bersama.

Baca Juga: Tok! Jokowi Putuskan PPKM Darurat Diperpanjang Hingga Akhir Juli

"Kami minta masyarakat bersabar dan tidak mudik Idul Adha tahun ini. Lindungi diri, keluarga, dan orang di sekitar kita dari bahaya virus COVID-19," ujar Menag dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Menag juga meminta masyarakat untuk mematuhi ketentuan yang ada di Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021.

Ada tiga poin pokok yang diatur dalam SE 17/2021. Pertama, kegiatan peribadatan di rumah ibadah semua agama yang berada pada wilayah zona PPKM Darurat, ditiadakan sementara.

Baca Juga: Puluhan Kendaraan Diputar Balik di Pos Penyekatan Terminal Kota Tegal

Kedua, penyelenggaraan malam takbiran di masjid/mushala, takbir keliling, serta penyelenggaraan Shalat Idul Adha di masjid/musala yang berada pada wilayah Zona PPKM Darurat, ditiadakan sementara.

Ketiga, petunjuk teknis pelaksanaan kurban dilakukan sesuai syariat Islam dalam rentang waktu yang tersedia (11-13 Zulhijah) agar tidak terjadi kerumunan.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X