BLT UMKM BPUM BRI dan BNI Rp1,2 Juta Cair Lagi, Cek Penerimanya melalui eform.bri.co.id dan banpresbpum.id

- 3 Agustus 2021, 11:17 WIB
BLT UMKM BPUM BRI dan BNI Rp1,2 Juta Cair Lagi, Cek Penerimanya melalui eform.bri.co.id dan banpresbpum.id
BLT UMKM BPUM BRI dan BNI Rp1,2 Juta Cair Lagi, Cek Penerimanya melalui eform.bri.co.id dan banpresbpum.id /Pixabay

KABAR TEGAL -  Selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat), Pemerintah kembali menggelontorkan program bantuan sosial (bansos).

Salah satu program bansos yang disalurkan pemerintah adalah Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM. Bantuan ini ditujukan kepada para pelaku usaha mikro.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan menteri menyampaikan ini akan segera diberikan seiring dengan diberlakukannya PPKM Darurat mulai 3 Juli 2021.

Baca Juga: Klik cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima Bansos PKH 2021 dan Cara Daftar DTKS Kemensos

"Jadi sekarang kita sedang mengakselerasi untuk mempersembahkan 3 juta UMKM dengan bantuan Rp 1,2 juta per perusahaan. Ini yang bisa dimulai dan akselerasi pada bulan Juli hingga September nanti," ucap Sri Mulyani dalam sesi teleconference, Jumat 2 Juli 2021.

Besaran bantuan BPUM ini sebesar Rp 1,2 juta. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, pelaku usaha dapat mendaftar ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah di Kabupaten/Kota masing-masing.

Saat ini, penyaluran BPUM dilakukan melalui dua bank, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Baca Juga: Segera Cek eform.bri.co.id Jika Belum Dapat BLT UMKM Sebesar Rp3,6 Juta, Berikut Caranya

Sesuai Peraturan Menteri Koperasi & UKM Nomor 2 Tahun 2021, penerima bantuan UMKM atau Bansos UMKM harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki KTP Elektronik.
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat proposal calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya merupakan satu kesatuan.
  • Bukan Aparatur Sipil Negara, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD.

Cara cek penerima BPUM melalui BRI

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah