BLT BBM Tahap 1 Cair Rp300 Ribu Pada September 2022, Berikut Cara Cek dan Syarat Penerima Bansos

- 5 September 2022, 05:15 WIB
BLT BBM Tahap 1 Cair Rp300 Ribu Pada September 2022, Berikut Cara Cek dan Syarat Penerima Bansos
BLT BBM Tahap 1 Cair Rp300 Ribu Pada September 2022, Berikut Cara Cek dan Syarat Penerima Bansos /Dok. Pertamina dan Freepik

KABAR TEGAL - BLT BBM dibagi menjadi dua tahap penyaluran, dimana BLT BBM tahap 1 sebesar Rp300 ribu dijadwalkan cair pada bulan September 2022. Berikut cara cek dan syarat penerima bansos.

Upaya terakhir dalam mengatasi pembengkakan APBN 2022, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menaikkan harga BBM.

Pada Sabtu, 3 September 2022 mulai pukul 14.30 WIB, secara resmi pemerintah telah mengumumkan kenaikan harga BBM. Ketiga jenis BBM tersebut ialah Pertalite, Pertamax, dan Solar.

Baca Juga: Laga Persis Solo vs PSIS Semarang Berjalan Aman, Polisi Apresiasi Suporter Kedua Tim

Demi menjaga daya beli masyarakat ketika harga BBM naik, kini pemerintah telah menyiapkan bansos berupa BLT BBM yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan bahwa pemerintah menyalurkan dana BLT BBM hingga Rp12,9 triliun bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Berdasarkan penjelasan Mensos RI, bantuan sosial yang diberikan melalui BLT BBM merupakan tambahan bagi KPM penerima PKH dan BPNT.

Baca Juga: Cakra Buana Randusanga Imam Warnai Comeback! Turnamen GNPK-RI Cup 2022

"Jadi, penerima irisan. Jadi, penerima PKH dan penerima BPNT tapi enggak boleh dobel, karena ada penerima PKH dan penerima BPNT, dia terima dua. Tapi ini enggak boleh dobel. Jadi ketemu lah 20,65 (juta)," jelas Tri Rismaharini.

Mensos Risma juga menjelaskan bahwa BLT BBM akan diberikan dalam dua tahap dari empat kali penyaluran.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x