Hujan Mendominasi Wilayah Indonesia, BMKG Imbau Masyarakat untuk Waspada Cuaca Ekstrem pada 17 - 23 Februari

- 18 Februari 2022, 11:30 WIB
Peringatan Cuaca ekstrim di Indonesia dalam sepekan ke depan oleh BMKG
Peringatan Cuaca ekstrim di Indonesia dalam sepekan ke depan oleh BMKG /instagram @infobmkg

KABAR TEGAL - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan diperkirakan adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi pada 17-23 Februari 2022. BMKG juga mengimbau masyarakat untuk waspada.

Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi yang mendominasi sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Tegal dan sekitarnya ini termasuk ke dalam cuaca esktrem yang diperkirakan.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dan lain-lain,” terang ujar Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam, siaran persnya, di Jakarta pada Rabu 16 Februari 2022.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Tanah Bergerak Kembali Terjadi Minggu Dini Hari, Puluhan Warga Dermasuci Dievakuasi

“Selain itu, juga dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan lain-lain," sambungnya.

BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan sebagaimana analisis dinamika atmosfer tekini.

Situasi ini dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3 di sekitar Samudera Hindia.

Baca Juga: Sebut Tanah Bergerak Sebagai Siklus Tahunan, Bupati Umi Azizah: Setop Penebangan Pohon

Hal itu menunjukkan kontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Kondisi itu juga diperkuat dengan fenomena gelombang atmosfer yakni gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang cukup aktif di beberapa wilayah.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x