Banjir Melanda Area Persawahan di Desa Bojong Jatibarang, Petani Terancam Gagal Panen

- 10 Februari 2022, 11:00 WIB
Banjir di wilayah Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Banjir di wilayah Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah /Sri Yatni/

KABAR TEGAL - Banjir akibat luapan Sungai Pemali menggenangi wilayah Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Kamis pagi 10 Februari 2022.

Kapten Arhanud Suryadi SH selaku Danramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes menjelaskan, adapun dampak terparah terjadi di RT. 11 35 centimeter, RT. 13 80 centimeter, RT. 14 45 centimeter, dan RT. 15 dengan ketinggian air 55 centimeter.

Banjir tersebut tidak hanya mengenai pemukiman warga Dukuh Bayur, persawahan milik warga setempat juga tergenang banjir.

Baca Juga: Hujan-hujanan dan Tak Beralas Kaki, Anggota DPRD Ini Temukan Rusaknya Pintu Air yang Sebabkan Banjir di Yomani

“Selain di pemukiman warga Dukuh Bayur mulai pukul 06.00 WIB, air juga menggenangi areal persawahan warga setempat seluas kurang lebih 16 hektar,” terangnya.

Banjir terjadi akibat tanggul Sungai Pemali di wilayah Dukuh Bayur yang tidak mampu menampung debit air yang melimpah dari hulu (wilayah Brebes selatan).

Sebelumnya pada Rabu sore, 9 Februari di wilayah selatan Brebes diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Ramalan Cuaca Kamis 10 Februari, Tegal dan Sekitarnya akan Hujan dengan Intensitas Ringan hingga Sedang

Sampai berita ini diterbitkan, kondisi air masih cenderung tinggi. Tidak ada korban, sedangkan kerugian para petani bawang merah, padi, dan palawija ditaksir mencapai Rp. 75 juta dari lahan 16 hektar itu.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x