BMKG: Erupsi Gunung Api Bawah Laut di Tonga Tidak Berdampak ke Indonesia

- 16 Januari 2022, 16:01 WIB
Gambar letusan gunung Api di Negara Tonga dilihatr dari satelit
Gambar letusan gunung Api di Negara Tonga dilihatr dari satelit /Instagram.com/@infobmkg/

 

KABAR TEGAL - Sebuah gunung berapi bawah laut di tengah Samudera Pasifik tepatnya di Negara Tonga erupsi pada Sabtu 15 Januari 2022.

Erupsi tersebut membuat Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan dini tsunami di sekitar Pulau Amami selatan dan Pulau Tokara di Prefektur Kagoshima.

Sementara, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno mengatakan bahwa erupsi gunung api tersebut tidak berdampak ke wilayah Indonesia.

Baca Juga: Gunung Bawah Laut di Negara Tonga Meletus, Sebabkan Tsunami Hingga ke Jepang
Sebagaimana dikutip dalam keterangan pers BMKG, berdasarkan hasil observasi laut yang dilakukan BMKG, letusan gunung api Tonga tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia.

"Ancaman tsunami yang beredar tidak menimbulkan bahaya untuk wilayah Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruhi oleh isu yang tidak benar," Ucap Bambang.

Gunung api bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai di Tonga ini memang rutin mengalami erupsi dalam beberapa dekade terakhir, namun pada sabtu 15 Januari 2022 kemarin letusannya terjadi sangat keras.

Baca Juga: Gempa Mengguncang Madura dan Sebagian Jawa Timur Sore Ini

Namun kita sebagai manusia harus tetap hati-hati kepada keadaan alam.***

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x