Polisi Tilang Sopir Truk Minta Satu Karung Bawang Putih Langsung Dicopot

- 2 November 2021, 21:51 WIB
Viral video oknum polantas minta bawang sekarung.
Viral video oknum polantas minta bawang sekarung. /Tangkapan layar media sosial memomedsos

KABAR TEGAL - Oknum anggota Satlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta berinisial PDH, yang melakukan pemalakan sekarung bawang ketika melakukan tilang kepada seorang sopir truk akhirnya dicopot dari jabatannya. 

Oknum polisi berpangkat Aipda ini sempat viral di media sosial, akibat ulah tak terpujinya yang meminta satu karung bawang saat melakukan penilangan sopir truk di Tangerang terekam video. 

Dalam keterangan pers, Selasa 2 November 2021, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan bahwa Aipda PDH telah diperiksa Bidang Propam Polda Metro Jaya, dan langsung ditarik dan dipindahtugaskan ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya. 

Baca Juga: Awas! Tunggak Pajak Kendaraan Bisa Terdeteksi Kamera Tilang Elektronik

Aipda PDH terbukti telah melakukan pungutan liar (pungli) saat dirinya bertugas. Yusri juga menyatakan, pihak Propam dapat melakukan penahanan terhadap Aipda PDH sebagai sanksi tegas terhadap dirinya. 

Ihwal kronologis kejadian penilangan tersebut, Yusri Yunus mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Senin, 1 November 2021 sore, sekitar pukul 17.30 WIB. Aipda PDH melihat ada truk bermuatan bawang dengan plat nomor kendaraan luar kota dan langsung melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan, si pengemudi truk memang kedapatan tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat berkendara. Hanya saja, berdalih ingin menilang, Aipda PDH justru meminta satu karung bawang putih walau sang sopir telah menawarkan uang Rp 100 ribu agar tidak ditilang.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x