Jual Tabung Oksigen Palsu Seharga Rp5 Juta yang Ternyata Tabung Pemadam Kebakaran, Pelaku Berhasil Ditangkap

- 30 Juli 2021, 19:53 WIB
Jual Tabung Oksigen Palsu Seharga Rp5 Juta yang Ternyata Tabung Pemadam Kebakaran, Pelaku Berhasil Diamankan Polisi
Jual Tabung Oksigen Palsu Seharga Rp5 Juta yang Ternyata Tabung Pemadam Kebakaran, Pelaku Berhasil Diamankan Polisi /Agnes Aflianto/ARAHKATA

KABAR TEGAL - Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap kasus penipuan tabung oksigen palsu yang terbuat dari alat pemadam kebakaran (Apar). 

Dari keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, pihaknya telah berhasil mengamankan pelaku yang berinisial WS alias KR di kawasan Tangerang, pada Selasa 27 Juli 2021.

"Kita amankan setelah kita lakukan penyelidikan. Dia (pelaku) berupaya untuk mencari keuntungan dengan mengubah tabung, karena memang banyak pelanggan tabung oksigen," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat 29 Juli 2021.

Baca Juga: Ahsan-Hendra Gagal Maju Final Olimpiade Tokyo 2020

Pelaku yang sehari-harinya bekerja sebagai pengisi tabung oksigen, memanfaatkan hal ini untuk memodifikasi tabung apar yang dibelinya seharga Rp750 ribu tersebut menjadi tabung oksigen yang kemudian ia jual seharga Rp5 juta.

Pelaku membersihkan tabung apar hanya dengan air kemudian mengecatnya menjadi warna putih agar mirip dengan tabung oksigen asli.

Dia mengubah tabung pemadam kebakaran yang dia bersihkan dengan air saja, kemudian dia chat jadi warna putih, dia buat mirip dengan tabung oksigen yang kemudian di isi dengan oksigen untuk dijual," tuturnya.

Baca Juga: Penerima BSU Pekerja Akan Dapat Bantuan Rp1 Juta, Simak Kriterianya

Dari kasus ini, pihak kepolisian berhasil menyita 114 tabung oksigen palsu yang siap diedarkan kepada masyarakat.

Pelaku dipersangkakan dengan Pasal 113 Undang-Undang Perdagangan dan Undang-Undang Nomor 34 tentang Kesehatan.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x