Dukung Pemulihan Ekonomi, AKSITARU Gagas Agropolitan Nusantara Bersama Tokoh Masyarakat Jatim dan BUMN RI

- 9 April 2021, 17:42 WIB
Webinar Agropolitan Nusantara sukses terselenggara oleh AKSITARU Indonesia dengan membawa tema “Menyiapkan SDM dan Mengintegrasikan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna dengan Pembangunan Kawasan Agropolitan Daerah di Indonesia.”
Webinar Agropolitan Nusantara sukses terselenggara oleh AKSITARU Indonesia dengan membawa tema “Menyiapkan SDM dan Mengintegrasikan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna dengan Pembangunan Kawasan Agropolitan Daerah di Indonesia.” /

KABAR TEGAL - Via zoom, kegiatan Webinar Agropolitan Nusantara sukses terselenggara oleh AKSITARU Indonesia dengan membawa tema “Menyiapkan SDM dan Mengintegrasikan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna dengan Pembangunan Kawasan Agropolitan Daerah di Indonesia.”

Webinar Agropolitan Nusantara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, akademisi, wirausahawan dan praktisi di bidang pertanian dan agribisnis.

Beberapa dari mereka, seperti Perwakilan dari Kementrian BUMN RI, KH. Ahmad Tamim (Anggota DPR RI Jatim), H. Sugirah (Wabup Banyuwangi), KH. Ahmad Bahaudin (Wirausahawan Blitar}, Gus Warih Setiawan (ISNU Tuban), Agus Pujosiswono (Edamoz Banyuwangi), dan Ahmad Bismillahi Normansyah (Tambak.co).

Baca Juga: Pondok Pesantren Darul Mujahadah, Adakan Kegiatan Seminar Pembekalan Kewirausahaan untuk santri kelas 12

Kegiatan dibuka oleh pengantar, H. Sugirah dan KH. Ahmad Tamim memberikan beberapa contoh produk dan potensi komoditas lokal di beberapa daerah-daerah Kabupaten atau Kota di Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi, Blitar, Batu dan Malang. Keduanya, sepakat bahwa masing-masing daerah memiliki keunggulan komparatif seperti ciri khas, kondisi vegetasi, iklim, budidaya dan produk olahan.

“Di daerah kami, terdapat komoditas manggis, komoditas nanas, komoditas buah naga, dan komoditas edamame. Bagaimana selanjutnya, kami memikirkan teknologi pengolahan pasca panen lah yang kami butuhkan. Kami siap menjadi destinasi unggulan bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui agropolitan nusantara di Indonesia.” Jelas H. Sugirah, Wakil Bupati Banyuwangi.

Sambutan lainnya disampaikan oleh Bapak KH. Ahmad Tamim, Politisi asal PKB ini menegaskan bahwa konsep agropolitan ini sudah ada sejak lama. Ia mencontohkan di beberapa desa di sekitar Blitar, Mereka menempatkan warung-warung atau jasa kuliner di sekitar wilayah sentra komoditas Tani. Menurutnya konsep ini lebih mudah diimplementasikan oleh masyarakat, sesuai budget mereka.

Baca Juga: Peringatan Hari Jadi Kota Tegal Tahun 2021 Dilaksanakan Secara Sederhana

“Dari sana kita belajar, sebetulnya konsep agropolitan itu sederhana. Bagaimana yang sederhana ini, menjadi ciri khas daerah tertentu, sehingga akan menjadi destinasi wisata tani ke depan” Lanjut KH. Ahmad Tamin.

Webinar Agropolitan Nusantara
Webinar Agropolitan Nusantara

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x