Mengejutkan! Anak di Bawah Umur Ternyata Pelaku Peretasan Database Kejagung

- 20 Februari 2021, 11:57 WIB
Ilustrasi ganti password Kejagung/Isitimewa
Ilustrasi ganti password Kejagung/Isitimewa /

KABAR TEGAL- Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kejagung) Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengumumkan database pegawai Kejaksaan RI beredar di salah satu situs forum hacker pada Kamis 18 Februari 2021.

Pihak Kejagung kembali mengumumkan tindak lanjut kasus ini dan permasalahan tersebut disebabkan adanya oknum yang meretas database milik instansinya. Hal ini diungkapkan pada hari Jumat, 19 Februari 2021.

Tidak disangka-sangka, ternyata  pelaku yang diduga melakukan peretasan database Kejagung tersebut masih berstatus pelajar, di bawah umur pula masih berusia 16 tahun.

Baca Juga: Siap Dukung Industri Pariwisata Indonesia, Menristek Terapkan GeNose C-19

Si pelaku peretasan database Kejagung itu berasal dari Sumatera Selatan dengan inisial MFW.
Terungkapnya pelaku peretas databese Kejagung tersebut, setelah Pusdaskrimti Kejaksaan Agung terus berkomunikasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kemarin 18 Februari 2021, sebagai antisipasi pencegahan pihak Kejagung sudah meminta para pengguna aplikasi di internal Kejaksaan untuk melakukan penggantian password.

"Kejaksaan RI melalui Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Pusdaskrimti) sudah melakukan langkah antisipatif dengan mengimbau pengguna untuk mengganti password agar tidak terjadi penyalahgunaan aplikasi," kata Leonard, sebagaimana dikutip Kabar tegal dari Pikiran Rakyat Cirebon dalam artikel “Waduh, Pelaku Peretasan Database Kejagung Ternyata Anak di Bawah Umur”.

Lalu, ditemukan seorang pengguna di situs hacker raidforums.com mengunggah sejumlah data yang berisi nama lengkap, nomor telepon, alamat email dengan domain @kejaksaan.go.id, jabatan, pangkat kepegawaian dan nomor pegawai.

Baca Juga: Lama Bersama Tak Kunjung Dilamarnya? Buat Kamu Para Wanita, Simak Enam Cara Atasi

Data yang diunggah oleh pengguna bernama Gh05t666nero tersebut mirip seperti data pegawai Kejaksaan RI.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x