Gelombang Tinggi Diprediksi Terjang Laut Jawa Hingga Perairan Laut Natuna

- 11 Februari 2021, 15:53 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi.
Ilustrasi gelombang tinggi. /Instagram @infobmkg

KABAR TEGAL- Masyarakat telah diingatkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem, yang akan melanda hingga sepekan ke depan.

Terhitung mulai dari 10 sampai 16 Februari 2021, diperkirakan sejumlah laut wilayah jawa akan diterjang gelombang tinggi. Maka dari itu BMKG mengingat saat ini merupakan puncak dari musim hujan.

Tak hanya itu saja, BMKG pun mengimbau warga untuk waspada adanya potensi gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter, atau kategori sedang sepekan ke depan diperkirakan berpeluang terjadi di Perairan utara Sabang.

Baca Juga: Hore! Gelontorkan Rp150,1 Triliun Untuk UMKM, Sinyal Pemerintah Kucurkan Dana Lagi

Kemudian diprediksi di wilayah perairan barat Aceh hingga Kepulauan Nias, Perairan Bengkulu, Perairan Kepulauan Anambas-Natuna, Laut Natuna, Perairan timur Lingga-Bintan, Selat Karimata dan Laut Jawa.

Potensi adanya gelombang tinggi dengan ketinggian yang sama juga berpeluang terjadi di Selat Makasar, Laut Flores, Perairan Bau-bau dan Wakatobi, Perairan Kepulauan Sermata hingga Tanimbar.

Kemudian di wilayah perairan selatan Kepulauan Kai-Aru, Laut Banda, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, Laut Maluku bagian utara, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Papua dan Laut Arafuru.

Gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter atau kategori tinggi berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, Perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Perairan barat Lampung.

Baca Juga: Marak Rokok Illegal, Polres Demak Berharap Warga Tidak Konsumsi Apalagi Produksi

Wilayah Samudra Hindia barat pun termasuk, lalu Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x