Tolak Kenaikan Tarif Retribusi Guci, Ratusan Warga Gelar Demo di Kantor Pemkab Tegal

- 4 Maret 2024, 16:39 WIB
Ratusan warga (Paguyuban Wisata Guci) menggelar demo di Depan Kantor Pemkab Tegal, tuntut pembatalan tarif retribusi Obyek Wisata Guci.
Ratusan warga (Paguyuban Wisata Guci) menggelar demo di Depan Kantor Pemkab Tegal, tuntut pembatalan tarif retribusi Obyek Wisata Guci. /Kabar Tegal/Dwi Prasetyo Asriyanto/

KABAR TEGAL - Ratusan warga yang tergabung dalam Paguyuban Wisata Guci menggelar aksi damai (demo) di Halaman Depan Kantor Pemerintah Kabupaten Tegal, Senin 4 Maret 2024.

Mereka mulai datang sekira pukul 09.00 WIB dan langsung melakukan orasi menuntut pembatalan kenaikan tarif tiket atau retribusi Obyek Wisata Guci.

Dalam orasinya, massa ingin ditemui oleh perwakilan dari DPRD, karena mereka merasa tidak dilibatkan dalam penetapan tarif retribusi yang sudah resmi dinaikkan pada tanggal 15 Februari 2024 lalu.

Dengan adanya kebijakan kenaikan retribusi tersebut pendemo menuliskan pada beberapa poster yang merasa dirugikan, tidak ada pembangunan yang berarti, bahkan bernada mengancam akan membongkar pos retribusi milik Pemkab Tegal.

Baca Juga: Demo di Depan Kantor BKPSDM, Ratusan Guru Honorer Tuntut Kuota Formasi PPPK 2024 Ditambah

Banyaknya masa yang emosi dan masa mendorong pagar gerbang Pemkab Tegal dan mengakibatkan pagar tersebut roboh, namun berkat pengamanan dari Polres Tegal dan koordinator aksi, masa berhasil di tenangkan kembali.

Beberapa tuntutan yang disampaikan oleh paguyuban wisata Guci dalam demo kenaikan tiket masuk wisata, diantaranya keberatan dengan kenaikan tiket masuk objek wisata Guci. Dasarnya apa?, turunkan tiket seperti semula, yakni hari biasa Rp10.000 dan akhir pekan serta libur panjang Rp13.000.

Kemudian, penundaan sampai pemerintah memenuhi fasilitas, jalan diperbaiki, drainase dan saluran air yang tidak fungsi saat hujan, lampu jalan mati atau tidak ada penerangan, tempat parkir yang tidak layak, fasilitas kesehatan kurang memadai dan atau mobil siaga.

Baca Juga: Tuntut UMK 2024 Naik 15 Persen, Ratusan Buruh di Kabupaten Tegal Demo di Depan Kantor Disperinaker

Lalu, tempat pembuangan sampah, pengelolaan sampah yang selama ini mengganggu villa atau hotel sampai saat ini belum bisa diselesaikan, pasar objek wisata Guci sudah tidak layak pembagian hasil untuk desa penyanggah pajak hiburan.***

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah