KNKT Rilis Hasil Final Investigasi Kecelakaan Bus Pariwisata Masuk Jurang di Guci Tegal

- 4 Oktober 2023, 17:34 WIB
KNKT mengungkap penyebab kecelakaan bus pariwisata yang masuk ke jurang di Guci Tegal.
KNKT mengungkap penyebab kecelakaan bus pariwisata yang masuk ke jurang di Guci Tegal. /Kabar Tegal/Dwi Prasetyo Asriyanto/

KABAR TEGAL - KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) menggelar rilis media terkait hasil final investigasi kasus kecelakaan yang dialami oleh mobil bus pariwisata yang jatuh ke jurang di Kawasan Wisata Guci Pekandangan, Bojong, Kabupaten Tegal.

Rilis media terkait hasil investigasi kecelakaan bus pariwisata tersebut digelar KNKT di Aula Puspita, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), Kota Tegal, Rabu, 4 Oktober 2023.

Diketahui, kecelakaan bus pariwisata tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia 2 orang, luka berat 2 orang dan luka ringan 31 orang. Kecelakaan tersebut menarik perhatian besar masyarakat luas setelah rekaman detik-detik kejadian tersebar luas di media sosial.

Baca Juga: Sopir dan Kernet Bus yang Terjun di Guci Ditetapkan Tersangka, Dijerat Pasal 359 KUHP

Kronologi Kejadian

Kronologi kejadian bermula pada hari Minggu tanggal 6 Mei 2023 pukul 09.00 WIB, Mobil Bus Pariwisata B 7260 CGA membawa rombongan wisata religi dari Tangerang Selatan sebanyak 50 orang.

Rute wisata mulai dari Tangerang Selatan-Cirebon-Pemalang-Guci Tegal-Pekalongan-Tangerang Selatan. Mobil bus pariwisata yang dioperasikan oleh PT Mitra Duta Sejati itu tiba dan bermalam di Guci Tegal jam 21.00 WIB.

Sesampai di Wisata Guci para penumpang turun di dekat penginapan, lalu pengemudi mengendarai mobil bus ke tempat parkir tambahan dikarenakan tempat parkir Guci sudah penuh.

Pengemudi memarkirkan mobil bus dengan dipandu oleh juru parkir kemudian menarik ruas rem parkir dan mematikan mesin mobil bus. Pembantu pengemudi memasang ganjal roda di roda depan kiri dan roda belakang kiri. Setelah itu pengemudi beristirahat di bagasi mobil bus, sedangkan pembantu pengemudi beristirahat di kursi penumpang mobil bus.

Baca Juga: CEK FAKTA: Kecelakaan Bus Jatuh ke Jurang di Guci Disebabkan oleh Seorang Anak Menarik Tuas Rem, Benarkah?

Pada Tanggal 7 Mei 2023 sekitar pukul 07.30 WIB keesokannya, pengemudi terbangun karena penumpang mulai naik ke mobil bus. Pembantu pengemudi menyalakan mesin mobil bus dan pendingin ruangan (AC) kemudian turun untuk membantu memasukan barang bawaan penumpang ke bagasi.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah