Penyaluran Bansos Tunai Disorot #kelaslegislatif

- 10 November 2020, 08:06 WIB
Sejumlah aktifis #kelaslegislatif
Sejumlah aktifis #kelaslegislatif /

 

KABAR TEGAL - Sekelompok anak muda Kabupaten Tegal yang tergabung dalam komunitas #kelaslegislatif bersama dengan Dinas Sosial  Kabupaten Tegal dan Kantor Pos Tegal melakukan diskusi Webinar menggunakan aplikasi Zoom, Senin 9 November 2020.

Diskusi tersebut berkaitan dengan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi masyarakat setempat yang terdampak Covid-19. Sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Akademisi dan Pemerhati Budaya.

Koordinator #Kelaslegislatif Kabupaten Tegal Dedi Kusdiyanto yang juga sebagai moderator kegiatan tersebut sebagai pembuka menyampaikan jangkauan dampak Covid-19 sangat luas di 483 Kota, 514 Kabupaten, 7.094 Kecamatan dan 83.477 Desa di 33 Provinsi.

Baca Juga: Jokowi Bagi-Bagi 1 Juta Sertipikat Secara Virtual

Seiring dengan itu tentu bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah sangat banyak dan cenderung membuat bingung masyarakat dalam hal teknis.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Tegal Nurhayati, menjelaskan, ada berbagai macam bantuan dari Pemerintah berikut BST yang teknisnya disalurkan melalui Kantor Pos kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat).
Dikatakan, Jika tidak tepat sasaran hal itu bisa terjadi karena ketidaksesuaian data sehingga penyaluran bantuan tersebut tidak sampai ke penerima manfaat Yang terdampak Covid-19.

Maka perlu adanya pembaharuan data secara berkala. "Sedangkan untuk memperoleh validasi data penerima bantuan perlu adanya dukungan dari Pemerintah Desa”, kata Nurhayati.

Baca Juga: Tingkat Pertumbuhan Sektoral Tinggi, Momentum Percepat Transformasi Digital 

Sudirman Said Selaku Akademisi dan juga sebagai Sekjen PMI Nasional, menjelaskan, penyaluran BST teknisnya harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat vaksin Covid-19 belum bisa menjadi andalan.

Halaman:

Editor: Chaerul Azmi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x