Waspada! Gunung Semeru Kembali Erupsi Disertai dengan Jarak Luncuran Awan Panas Setinggi 6.000 Meter

- 7 Februari 2023, 06:25 WIB
Waspada! Gunung Semeru Kembali Erupsi Disertai dengan Jarak Luncuran Awan Panas Setinggi 6.000 Meter
Waspada! Gunung Semeru Kembali Erupsi Disertai dengan Jarak Luncuran Awan Panas Setinggi 6.000 Meter /

KABAR TEGAL - Terjadi erupsi Gunung Semeru membuat masyarakat sekitar was-was saat menjalankan aktivitas mereka.

Sehubungan dengan peristiwa tersebut, Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Joko Sambang mengatakan bahwa erupsi Gunung Semeru terjadi pada tanggal 5 Februari 2023 pukul 12.42 dengan tinggi 5.176 meter diatas permukaan .

"Telah terjadi erupsi Gunung Semeru pada 5 Februari 2023 pukul 12:42 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak atau sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut," kata Joko Sambang.

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact Terbaru Selasa 7 Februari 2023, Klaim Primogems, Mora dan Mystic Gratis dari Mihoyo

Gunung Semeru yang terletak di perbatasan kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur erupsi disertai dengan awan panas dengan jarak luncur kurang lebih 6.000 meter.

"Erupsi tersebut juga disertai awan panas guguran sebanyak satu kali dengan jarak luncur 6.000 meter mengarah ke tenggara dan selatan yakni Besuk Kobokan dan Kali Lanang," tuturnya.

Selain itu, BPBD Lumajang mendapatkan laporan bahwa aktivitas Gunung setinggi 3.676 meter itu dari permukaan laut (mdpl) dari petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru yang berada di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: Kode Redeem PUBG Mobile Terbaru Selasa 7 Februari 2023, Klaim Skin Senjata, UC dan Hadiah Lain dari Tencent!

Sehingga, masyarakat dilarang untuk melakukan aktivitas sementara waktu dengan jarak sejauh 13 km dari pusat erupsi.

Halaman:

Editor: Dessi Purbasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x