Bikin Resah Masyarakat, Akhirnya Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak Terungkap! Berikut Penjelasan Menkes

- 22 Oktober 2022, 22:12 WIB
/

KABAR TEGAL - Masyarakat Indonesia dikejutkan dengan penyakit gagal ginjal yang menyerang anak usia dibawah 6 tahun.

Rupanya gagal ginjal yang diderita oleh anak-anak sudah ada sejak awal tahun 2022 yaitu bulan Januari dan terjadi peningkatan secara signifikan sejak bulan September 2022.

Hal tersebut tentunya mengejutkan banyak pihak terlebih tenaga kesehatan hingga menelusuri penyebab pasti gagal ginjal akut pada anak Indonesia dengan jumlah semakin banyak.

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Semakin Merebak, Jokowi: Ini Tugas Bersama, Tidak Akan Selesai Jika Sendiri

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan pihaknya telah menemukan penyebab pasti gagal ginjal akut progresif (Acute Kidney Injury/AKI) pada anak di Indonesia. Menkes Budi menyebut dengan diketahuinya penyebab gagal ginjal akut progresif pada anak di Indonesia, maka status penyakit ini kini sudah tidak misterius lagi.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi masyarakat Indonesia terkait kekhawatiran mereka dengan penyakit misterius ini.

Menkes berhasil mengungkap penyebab gagal ginjal akut progresif pada anak telah berhasil diungkap oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama pihak terkait lainnya. 

Baca Juga: Ramai Obat Batuk Sirup Sebabkan Gagal Ginjal Akut pada Anak, Polda Jateng Melakukan Pendataan pada IF dan PBF

Menurut Budi, pengungkapan penyebab gagal ginjal akut ini, dapat diketahui dan disimpulkan berdasarkan dengan hasil penyelidikan patogen yang menjadi cemaran obat sirup bernama Etilen Glikol (EG), Dietilen Glikol (DEG), dan etilen glikol butil ether (EGBE) yang sempat membuat gempar tanah air.

Halaman:

Editor: Dessi Purbasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x