Baby Cough Syrup Jadi Salah Satu Pemicu Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak di Gambia Afrika, BPOM Angkat Bicara

- 19 Oktober 2022, 22:56 WIB
Obat Syrup
Obat Syrup /

KABAR TEGAL - Publik telah digemparkan oleh salah satu obat yang diduga penyebab gagal ginjal pada anak di Gambia Afrika.

Dikutip dari KabarBanten.com, BPOM selaku Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia menjelaskan bahwa obat sirup anak di Gambia-Afrika terkontaminasi zat dietilen glikol dan etilen glikol.

Informasi tersebut didapat BPOM RI dari WHO pada 5 Oktober 2022 terkait obat sirup anak terkontaminasi dietilen glikol dan etilen glikol di Gambia-Afrika.

Baca Juga: Lagu Orang Yang Sama – Virgoun Menceritakan Apa? Berikut Lirik dan Kisah Dibaliknya

Untuk itu, BPOM RI memberikan penjelasan kepada publik bahwa obat sirup anak yang telah diaebutkan oleh WHO beberapa waktu lalu, terdiri dari Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup.

Menurut informasi, keempat nama sirup anak yang disebutkan tadi diproduksi oleh pabrik di India bernama Maiden Pharmaceuticals Limited dan tidak beredar di Indonesia.

Hal tersebut terungkap saat BPOM melakukan pengawasan secara komprehensif pre dan psot market terhadap obat yang beredar di Indonesia.

Baca Juga: Lagu Bawa Dia Kembali – Mahalini Menceritakan Apa? Berikut Lirik dan Kisah Dibaliknya

BPOM mengatakan bahwa hasil penelusuran mereka mengenai keempat obat sirup anak tersebut tidak terdaftar di Indonesia dari produk Meiden Pharmaceuticals Limited, India tidak ada yang terdaftar di BPOM dan dipastikan tidak beredar di Indonesia.

Halaman:

Editor: Dessi Purbasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x