Apa Sesar Baribis itu? Potensi Gempa Sesar Baribis Mengancam Akan Mengepung Jakarta, Simak Penjelasannya

- 27 Juni 2022, 20:10 WIB
Apa Sesar Baribis itu ? Potensi Gempa Sesar Baribis Mengancam Akan Mengepung Jakarta, Simak Penjelasannya
Apa Sesar Baribis itu ? Potensi Gempa Sesar Baribis Mengancam Akan Mengepung Jakarta, Simak Penjelasannya /

KABAR TEGAL - Akhir ini beredar kabar di media sosial maupun berita mengenai Sesar Baribis yang mengancam mengepung Jakarta.

Sesar Baribis menjadi perbincangan, setelah beredar kabar mengenai aktifnya kembali Sesar Baribis yang berpusat di daerah selatan Jakarta.

Kabar mengenai Sesar Baribis ini membuat heboh, karena berdampak besar untuk dapat menimbulkan potensi gempa secara kesuluhan yang mengancam akan mengepung Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Viral! Ibu Bawa Poster Butuh Ganja Medis Untuk Anaknya Saat CFD di Jakarta, Apa Hukum Menggunakan Ganja Medis?

Aktifnya Sesar Baribis yang berpotensi gempa dibenarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa Sesar Baribis di selatan Jakarta terbukti aktif.

“Keaktifan Sesar Baribis didukung hasil monitoring peralatan sensor seismograf BMKG di mana terdapat aktivitas gempa yang terpantau di jalur sesar , meskipun dalam magnitudo kecil 2,3 – 3,1,” ungkap Daryono, Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dikutip Kabartegal.Pikiran-Rakyat.com dari Antara, 24 Juni 2022.

Daryono menuturkan bahwa ketika terjadi gempa, gempa tersebut akan memiliki kekuatan lebih besar dan tentunya potensi kerusakannya pun akan semakin besar.

Baca Juga: Ronaldinho Bersama Raffi Ahmad Menandatangani Jersey Terbaru RANS Nusantara FC, untuk Musim Liga 1 Indonesia

Lalu apa Sesar Baribis itu ? 

Sesar Baribis adalah sesar aktif yang membentang dari timur sampai barat pulau Jawa, dari panjang tersebut, Sesar Baribis dikabarkan sebagai sesar terpanjang di Pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x