4 Tips Mengolah Daging Kurban agar Aman untuk Kesehatan Terkait Maraknya Kasus PMK

- 26 Juni 2022, 05:29 WIB
Pendapat pakar kesehatan hewan mengenai keamanan mengonsumsi daging hewan yang terjangkit PMK atau Penyakit Kuku dan Mulut
Pendapat pakar kesehatan hewan mengenai keamanan mengonsumsi daging hewan yang terjangkit PMK atau Penyakit Kuku dan Mulut /

KABAR TEGAL - Setelah banyak beredar kasus hewan ternak yang terjangkit virus Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tentu saja hal ini menimbulkan kekhawatiran masyarakat terkait keamanan mengonsumsi daging hewan yang terjangkit PMK. Jika ya, maka bagaimana tips mengolah daging demi kesehatan agar aman dikonsumsi.

Baru-baru ini, menanggapi maraknya kasus hewan ternak yang terjangkit PMK jelang hari raya Idul Adha 1443 Hujriyah, Kementerian Pertanian membagikan tips mengolah daging kurban yang benar agar meminimalisir risiko virus yang terapat pada daging ikut terkonsumsi, dan agar daging kurban aman bagi kesehatan.

Kementerian Pertanian membagikan tips mengolah daging dalam akun instagramnya @kementerianpertanian pada 22 Juni 2022 lalu dengan judul unggahan 'Cegah Penyebaran PMK, Begini Tips olah daging yang Benar'. Simak selengkapnya terkait tips mengolah daging kurban agar aman bagi kesehatan dan siap dikonsumsi.

Baca Juga: Harga Kambing Kurban Jelang Idul Adha 2022 di Kabupaten Brebes

Dalam unggahan tersebut Kementerian Pertanian menyebutkan bahwa daging, jeroan, tulang, kepala hewan terjangkit PMK harus mendapatkan perlakuan Khusus.

Adapun tips yang diberikan Kementerian pertanian sebagai cara mengolah daging yang benar adalah sebagai berikut:

1. Daging tidak dicuci sebelum diolah, melainkan harus segera direbus selama 30 menit dalam air mendidih.

2. Pastikan memilih jeroan yang telah matang sempurna setelah direbus selama 30 menit untuk kemudian disimpan atau langsung diolah.

Baca Juga: Segera Daftar Pencairan Gaji ke 13 PNS, Kemenkeu Anggarkan 35,5 Triliun di Tahun 2022 Kepada 8,8 juta Pegawai

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x