Cuaca Panas Terik di Wilayah Indonesia Akan Berlangsung Sampai Pertengahan Mei, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

- 9 Mei 2022, 18:29 WIB
Ilustrasi cuaca terik.
Ilustrasi cuaca terik. /Pixabay/Hans/

KABAR TEGAL - Cuaca panas terik yang dirasakan di beberapa daerah di Indonesia diprediksi akan terjadi sampai dengan pertengahan bulan Mei 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada terhadap kenaikan suhu udara terutama panas terik di siang hari.

4Baca Juga: Viral Sekelompok Orang Main Roller Skate di Jalan Raya Gatot Subroto Jakarta, Kadishub : Sangat Membahayakan!

Masyarakat Indonesia diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan menjaga asupan cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi terutama untuk para pekerja yang bekerja di luar rumah.

Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto.

“Masyarakat diimbau untuk menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi yang bekerja di luar ruangan pada siang hari,” kata Guswanto dikutip dari ANTARA pada 9 Mei 2022.

Baca Juga: Lirik Lagu Thursday's Child Has Far To Go - TXT Easy Lyrics Romanization dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Guswanto juga menjelaskan penyebab suhu udara di Indonesia selama beberapa hari ini mengalami kenaikan adalah karena posisi semu matahari yang saat ini ada di posisi utara ekuator sebagai tanda bahwa musim kemarau akan dimulai.

Hal ini disebabkan karena pertumbuhan awan dan fenomena hujan sangat berkurang sehingga cuaca cerah akan terus terjadi mulai pagi hingga siang hari.

BMKG mencatat suhu maksimum selama tanggal 1 - 7 Mei 2022 mencapai 33-36,1 derajat Celcius yang terjadi di Tangerang Provinsi Banten dan Kalimarau Provinsi Kalimantan Utara.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x