Anies Jadi Gubernur Pertama yang Serahkan Air dan Tanah di Ritual Kendi Nusantara IKN

- 14 Maret 2022, 10:08 WIB
Potret Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Menyerahkan Tanah dan Air yang ia bawa ke Presiden Jokowi di Ritual Kendi Nusantara - Anies Jadi Gubernur Pertama Yang Serahkan Air dan Tanah di Ritual Kendi IKN, Bawa Tanah dari Kampung Akuarium
Potret Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Menyerahkan Tanah dan Air yang ia bawa ke Presiden Jokowi di Ritual Kendi Nusantara - Anies Jadi Gubernur Pertama Yang Serahkan Air dan Tanah di Ritual Kendi IKN, Bawa Tanah dari Kampung Akuarium /

KABAR TEGAL - Gubernur dari 34 provinsi yang ada di Indonesia dikumpulkan di titik nol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjalani Ritual Kendi Nusantara pada Senin pagi 14 Maret 2022.

Para gubernur membawa tanah dan air dari wilayah masing-masing yang akan disatukan ke dalam kendi besar yang disebut dengan Kendi Nusantara.

Dalam proses ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pembuka atau gubernur pertama yang menyerahkan air dan tanah dalam ritual ini.

Baca Juga: Air dan Tanah yang Dibawa Ganjar ke IKN Diambil dari Pusat Bumi, Hasil Konsultasi dengan Para Sesepuh Jawa

Dilansir dari Facebook Pribadi milik Anies, Gubernur DKI Jakarta ini  membawa tanah yang berasal dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara.

Tanah tersebut diambil langsung oleh ibu-ibu yang tinggal di Kampung Akuarium, Jakarta Utara.

"Pagi ini, rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Akuarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN," tulisnya dalam video yang memunculkan ibu-ibu sedang mencangkul tanah pada 13 Maret 2022.

Baca Juga: Link Live Streaming Ritual Kendi Nusantara dan Agenda Kemah Presiden Jokowi di Titik Nol IKN

Tanah yang dia bawa ini menghadirkan harapan terhadap pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota negara agar tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Selain itu, Anies berkata kembalinya kehidupan di Kampung Akuarium in menjadi simbol atas kembalinya kita ke cita-cita dasar pendirian Indonesia yaitu, melindungi setiap tumpah darah dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.***

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x