FIFA dan UEFA Jatuhkan Sanksi Tegas Imbas Invasi ke Ukraina, Klub Rusia Dikeluarkan Dari Liga Eropa

- 1 Maret 2022, 10:22 WIB
FIFA dan UEFA berikan sanksi tegas kepada Rusia atas Invasi ke Ukraina berupa skor klub-klub dan tim nasional Russia dari semua pertandingan
FIFA dan UEFA berikan sanksi tegas kepada Rusia atas Invasi ke Ukraina berupa skor klub-klub dan tim nasional Russia dari semua pertandingan /Twitter @UEFA

KABAR TEGAL - FIFA dan UEFA jatuhkan sanksi terhadap Rusia imbas dari invasi ke Ukraina.

Badan Sepakbola Dunia (FIFA) menerangkan, laga internasional tidak akan lagi dimainkan di Rusia dan bendera serta lagu kebangsaan negara Rusia juga dilarang dari setiap pertandingan sepakbola.

Selain itu Tim Nasional Rusia dikeluarkan dari Piala Dunia 2022 yang akan berlansung di Qatar bersamaan dikeluarkannya Spartak Moscow dari Liga Eropa 2021-2022.

Baca Juga: Tak Pantang Menyerah, Kini Presiden Ukraina Minta Bantuan Luar Negeri untuk Lawan Rusia

"Menyusul keputusan awal yang diadopsi oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, yang mempertimbangkan penerapan langkah-langkah tambahan, FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA sampai pemberitahuan lebih lanjut," ucap FIFA dan UEFA dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari ESPN pada 1 Maret 2022.

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud solidaritas kepada semua orang yang terkena dampak dari apa yang terjadi di Ukraina akibat invasi dari Rusia.

"FIFA ingin menegaskan kembali kecamannya atas penggunaan kekuatan oleh Rusia dalam invasinya ke Ukraina," tulis FIFA dalam siaran persnya.

Baca Juga: Aturan PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Lagi, Status PPKM Kota Tegal Masih Level 4

Selain klub, UEFA juga membatalkan kesepakatannya dengan sponsor Gazprom (perusahaan energi Rusia) yang bernilai € 40 juta per tahun atau setara dengan 600 Miliar Rupiah.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x