Antisipasi Lonjakan Covid-19 Usai Lebaran, Kemenkes Siapkan 70 Ribu Tempat Tidur

- 12 Mei 2021, 10:03 WIB
Potret Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat Konferensi Pers di Jakarta pada pada Senin, 10 Mei 2021
Potret Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat Konferensi Pers di Jakarta pada pada Senin, 10 Mei 2021 /Instagram/@sekretariat.kabinet/Instagram /@sekretariat.kabinet

KABAR TEGAL- Pandemi Covid-19 hingga kini masih merebak di seluruh Indonesia.

Terbaru, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan fasilitas kesehatan di Indonesia telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca perayaan Idul Fitri 2021.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada sebanyak 70 ribu tempat tidur isolasi dan 2.500 ruang ICU telah disiapkan khusus untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Hadapi Tiga Varian Baru Virus Covid-19, Menkes: Tetap Disiplin Terapkan Prokes

Dari jumlah tersebut, Budi mengatakan ruang isolasi yang telah terisi sebanyak 23 ribu dan ruang ICU yang terisi sebanyak 2.500.

"Jadi kita masih punya room sekitar 200 persen dari tingkat keterisian pasien Covid-19 sekarang," kata Budi seperti dikutip oleh KabarTegal.com dari Anadolu Agency.

Apabila kapasitas tersebut hampir penuh, pemerintah akan mengalokasikan ruang ICU dan ruang isolasi lainnya untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Menkes Gandeng Gojek dan Halodoc untuk Percepat Proses Vaksinasi

"Saya berdoa persiapan itu tidak terpakai dan tetap menjadi kosong, tapi kalau pun ada setidaknya kita sudah melakukan persiapan," ujarnya.

Kemenkes juga menyoroti sejumlah provinsi yang mencatat tempat tidur ICU dan ruang isolasinya telah terisi lebih dari 50 persen.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: Anadolu Agency


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x