Punya Sertifikat Vaksin, Bisakah Dijadikan Syarat untuk Berpergian?

- 17 Maret 2021, 08:48 WIB
Sertifikat Vaksin belum bisa dijadikan pelengkap syarat berpergian
Sertifikat Vaksin belum bisa dijadikan pelengkap syarat berpergian /Kabar Tegal//Lazarus Sandya Wella

KABAR TEGAL - Proses vaksinasi secara massal telah dilakukan sejak awal Februari 2021 lalu. Sebagai salah satu bukti, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun memberikan sertifikat vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan sertifikat vaksin Covid-19 yang diberikan itu belum bisa dijadikan sebagai syarat melakukan perjalanan.

“Karena kan kita semua tahu, kita masih berhadapan dengan pandemi Covid-19. Dan, saya tegaskan sertifikat vaksin tersebut belum bisa dijadikan sebagai syarat untuk pelaku perjalanan,” tutur Nadia dalam siaran persnya secara virtual, Selasa (16 Maret 2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Pengembangan Vaksin Covid-19 Harus Ikuti Prosedur dan Kaidah Ilmiah

Lebih jauh Siti Nadia memaparkan, walaupun memiliki sertifikat vaksinasi Covid-19, bagi pelaku perjalanan tetap diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan tes Covid-19. Alasannya, siapapun yang sudah menerima vaksin, masih memiliki resiko untuk tertular virus Covid-19.

“Inilah yang wajib diketahui, walaupun sudah melewati proses vaksinasi Covid-19 bukan berarti sertifikat vaksinasi tersebut bisa diberlakukan atau digunakan untuk pelaku perjalanan,” terangnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pelaku perjalanan yang akan melaksanakan ibadah Haji, kemungkinan besar akan diminta syarat berupa vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Selain vaksin influenza dan meningitis yang memang wajib dilakukan oleh calon jamaah haji dan umrah. Kemungkinan Pemerintah Arab Saudi akan menambahkan satu syarat lagi yakni vaksinasi Covid-19 sebagai syarat untuk bisa melakukan perjalanan umrah dan ibadah haji nanti,” jelas Nadia.***

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x