Berikan Pelatihan Bahasa Inggris Secara Daring, Kemenparekraf: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pariwisata

- 14 Maret 2021, 10:15 WIB
Ilustrasi Pelatihan
Ilustrasi Pelatihan /Ilustrasi Pelatihan Kartu Prakerja. /Pixabay.com/Free-Photos/

KABAR TEGAL- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan pelatihan bahasa Inggris secara daring bagi 150 pelaku pariwisata.

Kemenparekraf bekerja sama dengan PT Cerdas Digital Nusantara (Cakap)  memberikan pelatihan pada pelaku pariwisata di lima destinasi super prioritas dan Belitung.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan masa pandemi Covid-19 berdampak pada menurunnya kunjungan wisatawan dan berkurangnya aktivitas pariwisata.

Baca Juga: Ramalan Shio Minggu 14 Maret 2021 Anjing, Babi, Ayam: Berusahalah untuk Bisa Meluangkan Waktu Bersama Keluarga

Pada masa pandemi Covid-19 ini bisa menjadi momentum bagi para pelaku pariwisata untuk mempersiapkan diri salah satunya kemampuan berbahasa asing.

Persiapan ini digunakan untuk menyambut kembali kedatangan wisatawan mancanegara ketika perbatasan negara telah kembali dibuka.

“Tuntutan dan ekspektasi terhadap kualitas pelayanan pariwisata akan semakin tinggi mengikuti perubahan tren wisata dengan pola baru, di mana pengalaman benar-benar akan diutamakan, karena banyak yang harus dipenuhi oleh wisatawan dalam perjalanannya," ungkap Wisnu.

Baca Juga: Ramalan Shio Minggu 14 Maret 2021 Naga, Kambing, Kelinci: Hari yang Baik untuk Membangun Bisnis Baru

"Peningkatan kualitas pelayanan melalui interaksi yang baik dan komunikatif dapat menciptakan kesan dan pengalaman yang menarik bagi wisatawan, ini mutlak sangat diperlukan,” sambungnya.

Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk memberikan dan meningkatkan kemampuan bahasa asing bagi pelaku pariwisata.

Menurutnya, kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam sektor pariwisata.

Pelaku pariwisata dapat memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata yang ada di masing-masing daerah kepada wisatawan mancanegara.

“Oleh karena itu, melalui pelatihan daring bahasa Inggris ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan pelaku pariwisata atau masyarakat lokal dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris," kata Wisnu.

Baca Juga: Ramalan Shio Minggu, 14 Maret 2021 Tikus, Kerbau, Macan: Ikutilah Kata Hati Anda

"Baik dalam merepresentasikan dan mengenalkan atraksi yang dimiliki daerahnya, budaya, alam, buatan, dan produk-produk lokal, maupun dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan, sehingga di era pascapandemi nanti pelaku pariwisata telah memiliki bekal dan lebih siap,” sambungnya lagi.

Sementara itu, Vice President of Business Development Cakap Cecilia Ong mengatakan di era digital ini, bahasa asing memiliki peran yang sangat penting.

Selain untuk meningkatkan kompetensi diri, kemampuan berbahasa asing juga dapat membantu mereka memperoleh informasi wisatawan.

Baca Juga: Rilis Single Baru, Nissa Sabyan Malah Disinggung Netizen Tentang Kasus Perselingkuhannya

Informasi tersebut mencakup karakteristik wisatawan, target pasar, dan perkembangan tren wisata melalui dunia digital.

“Dalam situasi pandemi ini, akan banyak perubahan besar terkait keinginan dan kebutuhan para wisatawan dalam berkunjung ke suatu destinasi wisata," ucap Cecilia.

"Karenanya, dengan bahasa asing, pelaku pariwisata akan lebih siap dalam memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan sesuai harapan wisatawan,” sambungnya.

Sebanyak 150 orang peserta dinyatakan lolos dari 550 orang yang mendaftar dan telah dibagi menjadi 17 kelas sesuai hasil uji penempatan dengan level yang berbeda-beda.

Para peserta merupakan perwakilan dari pelaku pariwisata yang sebagian besar bekerja sebagai pemandu wisata, pengelola homestay, dan pengelola desa wisata/anggota kelompok sadar wisata.

Baca Juga: Terancam dan Istri Ketakutan, Guru yang Dimaki Perangkat Desa Mengadu ke Ketua DPRD Sukabumi

Pelatihan ini akan dilaksanakan pada Mei hingga Juni 2021.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x