Jelang Ramadan 2024, BI Tegal Imbau Masyarakat Bijak Berbelanja agar Harga Barang Tetap Terjaga

- 25 Februari 2024, 12:48 WIB
Kepala KPw BI Tegal Marwadi menghimbau masyarakat untuk senantiasa bijak dalam berbelaja agar harga barang tetap terjaga menjelang bulan Ramadan 2024. Hal tersebut dikatakan saat menghadiri acara Ngobrol QRIS dan CBP Bareng Media di Kawasan Alun-Alun Kota Tegal, Sabtu, 24 Februari 2024 malam.
Kepala KPw BI Tegal Marwadi menghimbau masyarakat untuk senantiasa bijak dalam berbelaja agar harga barang tetap terjaga menjelang bulan Ramadan 2024. Hal tersebut dikatakan saat menghadiri acara Ngobrol QRIS dan CBP Bareng Media di Kawasan Alun-Alun Kota Tegal, Sabtu, 24 Februari 2024 malam. /Kabar Tegal/ Dwi Prasetyo Asriyanto/

KABAR TEGAL - Menjelang Ramadan 2024, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal menghimbau masyarakat untuk senantiasa bijak dalam berbelanja. Hal itu bertujuan agar harga-harga barang tetap terjaga. 

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala KPw BI Tegal Marwadi saat menghadiri acara Ngobrol QRIS dan CBP Bareng Media dalam rangka HUT Kodim 0712 Tegal yang berlangsung di Kawasan Alun-alun Kota Tegal, Sabtu, 24 Februari 2024 malam.

"KPw BI Tegal menghimbau masyarakat untuk senantiasa berbelanja bijak terutama pada saat periode jelang hari besar keagamaan nasional agar harga-harga barang tetap terjaga," kata Marwadi.

Baca Juga: Hindari Uang Palsu, BI Tegal Ajak Masyarakat Manfaatkan QRIS dalam Bertransaksi

Ia menjelaskan, menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, KPW BI Tegal memperkirakan akan terjadi peningkatan outflow yang lebih dalam seiring peningkatan kebutuhan uang tunai.

"Untuk merespon hal tersebut telah disiapkan Uang Layak Edar (ULE) untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat jelang Idul Fitri 1445 H," jelasnya.

Menurutnya, kebijakan Bank Indonesia terbaru dalam Pemenuhan Kebutuhan Uang untuk kondisi saat ini Perbankan dihimbau untuk mengoptimalkan Re - Sirkulasi/ Penggunaan ULE, sedangkan untuk Periode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) Tahun 2024 perbankan dihimbau dalam memenuhi Kebutuhan Uang kepada Masyarakat dengan kombinasi HCS + ULE.

Baca Juga: Dukung Pengembangan Budidaya Udang Vannamei, KPw BI Tegal Beri Bantuan ke Pokdakan Mina Tapang Sari Pemalang

"Pengedaran ULE dimaksud dilakukan perbankan langsung maupun kegiatan kas keliling Bank Indonesia dengan mekanisme pemesanan melalui aplikasi PINTAR. Adapun penukaran ULE dilayani melalui perbankan di 44 kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah kerja," katanya.

Pada awal tahun 2024 ini, lanjut Marwadi, perekonomian di Kota Tegal menunjukkan arah optimis. Dari sisi konsumsi, terdapat penguatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dalam Survei Konsumen di level optimis (130,4), masih di level yang sama apabila dibandingkan rata-rata triwulan V- 2023 yang sebesar 133. 

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah