Jamin Keamanan Natal, Polisi Sterilisasi 13 Gereja di Kabupaten Tegal

- 24 Desember 2023, 18:00 WIB
Personel Polres Tegal saat melaksanakan sterilisasi di salah satu gereja di Kabupaten Tegal demi menjamin keamanan pelaksanaan ibadah Natal 2023.
Personel Polres Tegal saat melaksanakan sterilisasi di salah satu gereja di Kabupaten Tegal demi menjamin keamanan pelaksanaan ibadah Natal 2023. /Dok. Humas Polres Tegal/

KABAR TEGAL - Polres Tegal melaksanakan sterilisasi ke 13 gereja di wilayah Kabupaten Tegal, untuk menjamin keamanan pelaksanaan ibadah Natal 2023, Minggu, 24 Desember 2023.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasat Samapta AKP Surahno, mengatakan bahwa Polres Tegal menerjunkan tim sterilisasi yang terdiri dari unit satwa dan unit sterilisasi ke sejumlah gereja di Kabupaten Tegal. 

"Hari ini terjadwal 13 tempat ibadah yang melaksanakan perayaan Natal. Untuk menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan ibadah tersebut, Polres Tegal bersinergi dengan Kodim 0712 Tegal, instansi terkait dan pemuda gereja untuk menggelar pengamanan secara maksimal," kata Surahno. 

Baca Juga: Polres Tegal Dirikan 10 Pos Operasi Lilin Candi 2023, Upaya Jaga Keamanan dan Ketertiban di Masa Nataru

Menurutnya, sterilisasi dilaksanakan 1 jam sebelum jadwal Ibadah dilaksanakan, dengan menggunakan metal detector dan kemampuan satwa anjing pelacak.

"Personel Polres Tegal melakukan pemindaian pada lokasi-lokasi yang dianggap rawan," ujarnya. 

Peran lain dari pemuda gereja, kata dia, yakni melakukan pendampingan indentifikasi pengunjung gereja karena lebih memahami jemaah yang sering berkunjung ataupun tidak. 

Baca Juga: Polisi Hadir, Polres Tegal Kota Gelar Sterilisasi Gereja Jelang Perayaan Natal

"Tahun ini, kami tidak hanya bersinergi dengan instansi terkait, namun juga melibatkan pemuda gereja pada seluruh rangkaian pengamanan tempat ibadah, sehingga pengamanan dapat dilaksanakan secara maksimal dan diharapkan dapat memelihara kondusifitas kamtibmas di sekitar lokasi tempat ibadah Natal," tegasnya. 

"Tempat yang sudah kami lakukan sterilisasi akan kami beri tanda berupa stiker yang bertuliskan 'Lokasi Ini Telah Disterilisasi Polres Tegal' sehingga pengunjung akan merasa aman untuk melakukan ibadah," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah