Kades Wadas : Pengukuran Tahap II Kondusif, Warga Spontan Minta Lahannya Ikut Diukur

- 14 Juli 2022, 12:53 WIB
Pengukuran tanah milik warga desa Wadas disaksikan oleh Kepala Desa Wadas,  Fachri Setyanto Kamis, 14 Juli 2022
Pengukuran tanah milik warga desa Wadas disaksikan oleh Kepala Desa Wadas, Fachri Setyanto Kamis, 14 Juli 2022 /Sri Yatni

KABAR TEGAL - Kepala desa Wadas, Fachri Setyanto mengucapkan apresiasi pada semua pihak yang mendukung kelancaran pengukuran bidang tanah, inventarisasi dan identifikasi tanam tumbuh serta bangunan di desa Wadas. Sebagaimana diketahui kegiatan tersebut dilaksanakan Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Proyek Bendungan Bener Kabupaten Purworejo di Wadas sebagai desa yang terdampak pembangunan proyek strategis nasional tersebut.

Fachri menuturkan kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang dilaksanakan sebelum lebaran lalu. Beberapa ratus bidang di desa Wadas direncanakan akan digunakan sebagai lokasi pengambilan material (quarry) pembangunan proyek strategis nasional Bendungan Bener yang lokasinya tak jauh dari desa itu.

Fachri menambahkan dirinya menolak anggapan bahwa pengukuran tahap dua yang dilaksanakan saat ini menimbulkan ketegangan di tengah warga. Situasi Wadas sejauh ini sangat kondusif dan proses berjalan lancar.

Baca Juga: Polres Banjarnegara Gelar Patroli Blue Light Patrol Antisipasi Gangguan Kamtibmas

"Bahkan warga yang semula menolak sekarang malah minta ikut diukur. Semua sukarela. Tidak benar bila disebut ada tekanan dari kelompok preman dan sebagainya," kata Kades Fachri, Kamis pagi, 14 Juli 2022.

Dirinya mempersilahkan semua pihak untuk mengamati situasi Wadas terkini secara langsung. Situasi kondusif di Wadas, menurutnya, sudah terjadi sejak dulu.

"Pada dasarnya warga desa kami ini baik-baik. Mereka petani dan peladang yang tidak pernah ada masalah sejak dulu, sebelum hadirnya pihak-pihak luar," tambahnya.

Baca Juga: Fortasi SMK Muhammadiyah Larangan Undang Forum Anak Brebes

Sementara staf BPN Purworejo, Tukiran, membenarkan kegiatan inventarisasi dan pengukuran lahan, tanam tumbuh dan bangunan di Wadas berjalan lancar. Dia juga membenarkan terjadinya pemekaran jumlah tanah yang diukur dari rencana semula.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah