Ramai Artis Terjerat Narkoba, Ini Efek dan Bahayanya Bagi Tubuh

- 14 Januari 2022, 14:33 WIB
Satresnarkoba Polres Kendal Amankan Pengedar Pil Koplo
Satresnarkoba Polres Kendal Amankan Pengedar Pil Koplo /Sri Yatni/

KABAR TEGAL - Belakangan ini banyak artis yang terjerat kasus narkoba. Beberapa deretan artis ternama yang ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkoba diantaranya Ridho Rhoma, Iw K, Amar Zoni, Prematur Asmara, Tora Sudiro, Nia Ramadhani, Naufal Samudera, dan yang baru-baru ini yakni Ardhito Pramono.

Penggunaan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya bisa memengaruhi kerja otak dan berbahaya bagi tubuh. Berikut ialah bahaya narkoba bagi tubuh:

Dilansir dari BNN.go.id pada Selasa, 12 Januari 2022 jumlah pemakai narkoba di Indonesia mencapai 3,5 juta pada tahun sebelumnya. Dan angka tersebut semakin bertambah. Berikut bahaya narkoba bagi kesehatan:

  1. Dehidrasi

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan Dehidrasi atau berkurangnya keseimbangan elektrolit di tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Jika efek ini terjadi secara terus-menerus makan tubuh bisa mengalami kejang-kejang, halusinasi, perilaku agresif hingga sesak di bagian dada.

Baca Juga: Kader Partai PDI-P Kembalikan Bantuan Ganjar: Kemiskinan Jangan Diunggah Untuk Pencitraan

  1. Halusinasi

Halusinasi merupakan kondisi yang paling sering dialami. Penggunaan dosis berlebih dapat membuat seseorang muntah, mual, dan mengalami gangguan kecemasan. Apabila dikonsumsi Dalam jangka panjang dapat menyebabkan depresi.

  1. Menurunnya kesadaran

Pengguna obat-obatan terlarang, dapat menurunkan tingkat kesadaran seseorang. Dalam beberapa kasus, si pemakai sering kehilangan kendali karena tidur terus menerus dan membuat koordinasi tubuh menjadi terganggu.

Baca Juga: Cara Bersihkan Darah dan Pencernaan agar Sehat Cukup Dua Bahan Kata dr. Zaidul Akbar, Simak Penjelasannya

  1. Kematian

Efek samping yang paling parah adalah kematian. Jika pemakai menggunakan narkoba dengan dosis yang sangat tinggi, maka dapat mengalami overdosis. Hal ini merupakan efek paling fatal.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network