Pemilu 2024 Proposional Tertutup, Apa Itu? Berikut Arti, Kekurangan dan Kelebihan Proporsional Tertutup

- 9 Januari 2023, 08:21 WIB
Pemilu 2024 Proposional Tertutup, Apa Itu? Berikut Arti, Kekurangan dan Kelebihan Proporsional Tertutup
Pemilu 2024 Proposional Tertutup, Apa Itu? Berikut Arti, Kekurangan dan Kelebihan Proporsional Tertutup /Freepik/

KABAR TEGAL - Simak arti, kekurangan, dan kelebihan proposional tertutup yang akan digunakan dalam sistem pemilhan umum (pemilu) 2024 mendatang.

Banyak masyarakat yang mencari tahu arti proporsional tertutup.

Tak perlu khawatir, kami akan bagikan arti, kekurangan, dan kelebihan proporsional tertutup yang akan diselenggarakan pada pemilu 2024.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Shopee Tebak Kata Tantangan Harian Senin 9 Januari 2023 Terbaru dari Huruf AMMARNY

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kini, pemilu pada tahun 2024 akan menggunakan sistem proporsional tertutup yang banyak mengundang tanya masyarakat.

Sistem pemilu proporsional tertutup masih menjadi perdebatan dan wacana belaka yang belum dapat dipastikan akan diselenggarakan pada pemilu 2024.

Dikutip dari dpr.go.id, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad menilai pernyataan mengenai wacana sistem pemilu proporsional tertutup hanyalah peringatan dari KPU.

Baca Juga: Segera Cek Online Bansos PKH Tahap 1 yang Cair Januari 2023 di cekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi Ini!

”Saya pikir apa yang disampaikan Ketua KPU itu adalah sebuah warning, karena sudah ada gugatan atau JR (Judicial Review) di MK. Karena, kan, ada kemungkinan MK memutuskan. Jadi itu bukanlah statement liar dari KPU tetapi itu warning, bahwa ini ada kemungkinan begini, loh, menginformasikan kepada masyarakat luas dan parpol,"kata Legislator Partai Gerindra, Selasa, 3 Desember 2022 lalu.

Halaman:

Editor: Dessi Purbasari

Sumber: dpr.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x