Ritual Kendi Nusantara Selain Satukan Air dan Tanah, Ditanam Juga Pohon Khas 34 Provinsi di Titik Nol IKN

- 14 Maret 2022, 12:04 WIB
Penanaman pohon di IKN oleh presiden Jokowi Dodo
Penanaman pohon di IKN oleh presiden Jokowi Dodo /Lazarus Sandya Wella/Tangkap Layar/Sekertariat President

KABAR TEGAL - Dalam rangka pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan Ritual Kendi Nusantara.

Ritual tersebut merupakan penyatuan air dan tanah dari 34 Provinsi di Indonesia yang dibawa oleh masing-masing gubernur.

Selain Ritual Kendi Nusantara, Presiden Jokowi beserta 34 Gubernur dan Ibu Negara Iriana Jokowi menanamkan pohon khas dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Ini Arti dan Filosofi Tanah dan Air yang Dibawa dari 34 Provinsi dalam Ritual Kendi Nusantara

Berdasarkan informasi yang didapat melalui tayangan live Ritual Kendi Nusantara pada akun YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi menanam pohon meranti merah atau Shorea leprosula dan Ibu Negara Iriana Jokowi menanam pohon kamper atau Dryobalanops aromatica.

Pantauan sejumlah pohon khas yang ditanam para gubernur antara lain kemiri, kecapi, rasamala, rambutan, bisbul, pala, kemang, bangkirai, dan lain-lain.

Presiden mengatakan rangkaian Ritual Kendi Nusantara ini dilakukan untuk menandakan persatuan Indonesia dalam membangun Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga: Link Live Streaming Ritual Kendi Nusantara dan Agenda Kemah Presiden Jokowi di Titik Nol IKN

"Ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Setelah Ritual Kendi Nusantara dan penanaman pohon, Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkemah di titik nol kilometer bersama seluruh gubernur.***

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x