Instagram akan Hapus Stiker IG Story Add Yours yang Berisi Data Pribadi

- 23 November 2021, 19:08 WIB
Penjelasan fitur Add Yours Instagram Stories yang viral di Twitter.
Penjelasan fitur Add Yours Instagram Stories yang viral di Twitter. /Tangkap Layar: Instagram.com

KABAR TEGAL –  Fitur Add Yours menjadi sorotan warganet setelah memakan korban akibat oversharing data pribadi. Menanggapi kejadian ini pihak Instagram akan menghapus konten yang berisi data pribadi pada fitur Add Yours dari IG story.

Add Yours merupakan fitur berbagi topik posting-an di Story. Lewat fitur ini, seorang pengguna dapat memulai suatu rantai posting dengan mengunggah foto dan menambahkan sticker Trends agar nantinya diikuti oleh followers-nya.

Perwakilan Meta induk perusahaan Instagram menyampaikan akan menghapus konten pada Add Yours yang membagikan informasi identitas dan data pribadi.

"Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal," kata perwakilan Meta pada Selasa, 23 Nopember 2021.

Baca Juga: Viral Fitur Stiker Add Yours di Instagram Berpotensi Bocorkan Data, Hati-hati Penipuan

Sebelumnya, curhatan salah pengguna Twitter dengan nama akun @ditamoechtar ramai menjadi sorotan karena salah satu temannya menjadi korban penipuan akibat menggunakan fitur Add Yours.

“Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Ters dia inget dia abis ikutan ini,”. tulisnya di akun Twitter pada Selasa, 23 November 2021.

Penggunaan fitur secara oversharing tanpa disadari telah membuka peluang bagi pelaku kejahatan untuk mlakukan tindakan penipuan bahkan penyalahgunaan data diri.

Baca Juga: Hal Yang Harus di Perhatikan Untuk Menghindari Laptop Kita Agar Tidak Mudah Rusak

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x