Viral Fitur Stiker Add Yours di Instagram Berpotensi Bocorkan Data, Hati-hati Penipuan

- 23 November 2021, 15:03 WIB
Penjelasan fitur Add Yours Instagram Stories yang viral di Twitter.
Penjelasan fitur Add Yours Instagram Stories yang viral di Twitter. /Tangkap Layar: Instagram.com

KABAR TEGAL –  Warganet sedang ramai membahas masalah fitur baru di Instagram yakni stiker Add Yours di IG Story. Fitur tersebut dianggap berpotensi terjadi kebocoran data diri penggunanya.

Challenge dari stiker Add Yours satu bulan terakhir memang banyak diminati pengguna Instagram. Namun, pagi ini curhatan salah pengguna Twitter dengan nama akun @ditamoechtar ramai menjadi sorotan karena salah satu temannya menjadi korban penipuan akibat menggunakan fitur Add Yours.

“Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Ters dia inget dia abis ikutan ini,”. tulisnya di akun Twitter pada Selasa, 23 November 2021.

Pengguna fitur tersebut tanpa disadari telah membuka peluang bagi pelaku kejahatan untuk mlakukan tindakan penipuan bahkan penyalahgunaan data diri.

Add Yours merupakan fitur berbagi topik posting-an di Instagram Story. Lewat fitur ini, seorang pengguna dapat memulai suatu rantai posting dengan mengunggah foto dan menambahkan sticker Trends agar nantinya diikuti oleh followers-nya.

Baca Juga: Anak Nia Daniaty Kembali Dipolisikan, Dugaan Kasus Penipuan Investasi Pulsa

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan fitur tersebut. Kurangnya edukasi penggunaan fitur dan keamanan data diri sebagai pemicu utama.

Hingga berita ini diturunkan pihak Instagram dengan persahaan induk Meta belum memberikan pernyataan resmi mengenai tindak lanjut fitur Add Yours yang berpotensi terjadi kebocoran data diri penggunanya.

 

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x