Bansos Saat PPKM Level 4 Akan Disalurkan, Berikut Ulasannya

- 27 Juli 2021, 08:32 WIB
Ilustrasi penyaluran bansos/Instagram/@pidjar.ig
Ilustrasi penyaluran bansos/Instagram/@pidjar.ig /

KABAR TEGAL - Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Untuk mendukung kebijakan itu, pemerintah juga memberikan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat di kabupaten/kota selama diterapkan PPKM level 4.

Menindaklanjuti keputusan memperpanjang PPKM, Menteri Sosial Tri Rismaharini merespon dengan mengoptimalkan seluruh jajaran Kementerian Sosial untuk mempercepat penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/kartu sembako serta Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditambah dengan bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Tempat Usaha di Kota Tegal Harus Target Vaksinasi Saat Perpanjangan PPKM Berakhir

Kemensos bermitra dengan Perum Bulog dalam penyaluran bantuan beras 10 kg untuk 10 juta KPM PKH, 10 juta KPM BST dan 8,8 juta KPM Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)/Kartu Sembako non PKH.

Anggaran PKH sebesar Rp28,3 triliun untuk 10 juta KPM dengan tiga komponen, yakni komponen kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial (kesos). Komponen kesehatan terdiri dari ibu hamil/nifas/menyusui dan anak balita. Komponen pendidikan terdiri dari siswa SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat. Lalu, komponen kesos terdiri dari lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas.

“PKH, BPNT/Kartu Sembako dan BST merupakan bantuan sosial yang eksisting. Artinya, program yang sudah berjalan sebelum kebijakan PPKM Darurat maupun level 4,” ujar Risma, dikutip dari laman resmi Kemensos, Senin, 26 Juli 2021.

Baca Juga: Pemkot Tegal Akan Menambah Gerai Vaksinasi dan Tenaga Medis

Berikut jadwal penyaluran Bansos:
1. Percepatan penyaluran bansos Kartu Sembako/BPNT bagi 18,8 juta KPM untuk bulan Juli, Agustus, dan September. Penyalurannya diberikan sekaligus sejak bulan Juli.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x