TNI AL Gelar Peringatan 40 Hari On Eternal Patrol KRI Nanggala 402

- 4 Juni 2021, 22:57 WIB
TNI AL menggelar acara doa bersama untuk memperingati 40 hari On Eternal Patrol Kapal Selam KRI Nanggala 402.
TNI AL menggelar acara doa bersama untuk memperingati 40 hari On Eternal Patrol Kapal Selam KRI Nanggala 402. /Dok. TNI AL/

KABAR TEGAL - Kapal selam KRI Nanggala 402 menjadi kenangan tak terlupakan sebagai salah satu kapal selam kebanggaan TNI AL.

Tepat 40 hari On Eternal Patrol kapal selam buatan Jerman tersebut di perairan utara Pulau Bali, TNI AL memperingatinya dengan menggelar acara doa bersama yang dipusatkan di Dermaga Madura Tengah, Markas Koarmada II Surabaya.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin langsung acara peringatan yang ikut dihadiri oleh anggota keluarga dari 53 prajurit kusuma bangsa yang turut dalam patroli abadi bersama KRI Nanggala-402 di dasar laut.

Baca Juga: Satgas Yonif 407 PK Sukses Menyelesaikan Tugas Operasi Pamtas RI-Malaysia

Diawali dengan rasa kehilangan yang mendalam terhadap 53 putra-putra terbaiknya sejak 40 hari silam, telah mendorong TNI AL untuk menjadikan peristiwa ini sebagai pembelajaran guna memperbaiki diri menuju masa depan yang lebih baik.

"Meskipun bagi sebagian besar masyarakat, menganggap bahwa para patriot KRI Nanggala-402 ini telah gugur dengan tulus dan ikhlas mengorbankan jiwa dan raga saat latihan," jelas Kasal melalui keterangan resminya, Jumat, 4 Juni 2021.

"Namun bagi kami prajurit laut, kami tetap membanggakan para kesatria samudera KRI Nanggala-402 ini sebagai pahlawan laut pemberani yang tetap berada dalam status berpatroli secara abadi (on eternal patrol) demi menjaga kedaulatan negara di laut,” tuturnya.

Baca Juga: Doa Bersama untuk KRI Nanggala Awali Rakor Pengendalian Kegiatan Pemkab Tegal

Ia menambahkan peristiwa itu juga telah mewariskan kepada prajurit TNI AL lainnya tentang nilai-nilai kejuangan tanpa pamrih, semangat pantang menyerah dan berbagai keteladanan yang dapat menginspirasi dalam pengabdian kepada negara dan bangsa.

“Bukan penghargaan yang hanya sekedar sebagai simbolisasi. Namun memiliki dimensi yang lebih luas untuk menghidupkan semangat kepahlawanannya dalam keseharian kita serta menjadikannya sebagai suri teladan dalam melanjutkan pengabdian kita menuju Kejayaan Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe,“ tegas orang nomor satu di tubuh TNI AL ini.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x