Novel Baswedan Ungkapkan Dalang di Balik Pengajuan Tes TWK

- 1 Juni 2021, 08:29 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan./tangkap layar youtube/Watchdoc Documentary/
Penyidik KPK Novel Baswedan./tangkap layar youtube/Watchdoc Documentary/ /

KABAR TEGAL- Pemberhentian 75 pegawai KPK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lulus TWK Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) masih menjadi bahan perbincangan.

Novel Baswedan mengungkapkan secara terbuka mengenai hal-hal yang menjadi perdebatan panas saat ini.

Setelah membeberkan bahwa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) direncanakan secara sembunyi-sembunyi, ia juga mengungkapkan bahwa komisi yang mewadahi pegawai KPK tidak mengetahui hal terkait TWK.

Baca Juga: Arab Saudi Belum Berikan Kepastian, Jamaah Haji Tahun 2021 Terancam Batal Berangkat

“Jadi komisi sendiri tidak sepenuhnya tahu dengan penambahan aturan yang diam-diam mewajibkan tes wawasan kebangsaan,” ujar Karni Ilyas.

Mendengar pertanyaan yang dilontarkan tersebut, Novel Baswedan mengungkapkan bahwa pelibatan wadah pegawai dalam proses itu tidak berjalan.

“Benar, jadi seharusnya di KPK itu sesuai dengan mandat dalam PP No 63 itu dikatakan ada wadah pegawai, dan bukan lembaga yang ilegal. Lembaga yang sesuai dengan UU dan PP. Ketika ada wadah pegawai fungsinya setiap pembahasan yang berhubungan dengan kepegawaian atau yang berhubungan dengan hak dari pegawai, maka wadah pegawai dilibatkan dan memberikan masukan dan saran. Saat itu, kami mengetahui bahwa proses itu, tidak ada dimasukan tentang adanya tes tersebut,” tuturnya.

Baca Juga: Ramai Ajakan Golput di Pilpres 2024, Wakil Ketua DPR Ingatkan Sanksi Pidana

Saat ditanyai terkait siapa orang yang menjadi pencetus diadakannya TWK, Novel Baswedan menjawab bahwa Ketua KPK sendirilah yang memasukan hal tersebut ke dalam aturan.

“Informasi yang kami peroleh dikatakan bahwa yang memasukkan adalah Pak Firli sendiri,” katanya, sebagaimana KabarTegal.com kutip dari kanal YouTube Karni Ilyas Club.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x